IMPLEMENTASI FUZZY MAMDANI PENENTUAN OPTIMASI PERSEDIAAN STOK PRODUK BARANG DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

Defi Irwansyah

Sari


ABSTRAK

Sebuah perusahaan membutuhkan suatu sistem yang bisa mengelola persediaan dan permintaan stok produk barang dalam melakukan transaksi agar kinerja perusahaan lebih efisien. Optimasi jumlah pengadaan stok produk barang ini merupakan optimasi yang didasarkan pada data penjualan, persediaan, juga jumlah pengadaan barang yang akan direncanakan. Optimasi jumlah pengadaan stok produk barang yang optimal merupakan bagian dari penentuan jumlah stok produk barang. variabel yang dimodelkan, yaitu: permintaan, persediaan dan produksi. inputan penelitian ini adalah data maksimum penjualan dan minimum penjualan untuk data penjualan data masimum persediaan, data minimum persediaan, hasil dari implementasi fuzzy inferensi system mamdani penentuan optimasi permintaan stok produk barang adalah data maksimum permintaan dan data minimum permintaan, dengan jenis stok produk untuk penjualan saat ini dan persedian-nya dan diharapkan dapat digunakan untuk menentukan optimasi stok produk.

Kata kunci: Fuzzy, Mamdani,Penjualan, Persediaan dan Permintaan Stok Produk


PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi informasi berbasis komputer dewasa ini, dirasa sangat pesat dan hal ini berpengaruh terhadap aspek pekerjaan. Hampir semua perusahaan dalam hal pengambilan keputusan, penyebaran informasi, peningkatan efektifitas pekerjaan dan pelayanan telah menggunakan sistem informasi komputer.

Perkembangan dunia industri baik industri manufaktur maupun jasa pada saat sekarang ini menyebabkan semakin meningkatnya persaingan diantara perusahaan untuk memperebutkan konsumen. Keadaan seperti itulah yang mengakibatkan semakin meningkatnya tuntutan konsumen terhadap pelayanan pelanggan  baik kualitas maupun waktu yang lebih efisien dalam hal pengiriman stok produk, dimana faktor terpenting ini yang mempengaruhi pengiriman stok produk sampai di konsumen adalah persediaan.

Di satu sisi, perusahaan selalu berusaha mengurangi biaya dengan mengurangi tingkat persediaan di tangan (on-hand), sementara itu di sisi lain pelanggan menjadi sangat tidak puas ketika jumlah persediaan mengalami kehabisan (stockout). Oleh karena itu perusahaan harus megusahakan menjaga keseimbangan antara investasi persediaan dan tingkat layanan pelanggan dan minimasi biaya merupakan faktor penting dalam membuat keseimbangan ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus Ristono, 2009, Manajemen Persediaan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Martono, Hartito, (2002). Manajemen Keuangan. Edisi Pertama, Ekonisia, Yogyakarta.

Indrajit, E. Richardus, (2003).Manajemen Persediaan. Grasindo, Jakarta.

Manullang, Marihot & Sinaga, Dearlina, (2005). Pengantar Manajemen Keuangan. Andi, Yogyakarta.

Assauri, Sofyan, (2005). Manejemen Produksi. Cetakan Pertama, Lembaga

Sutojo, T, Edy Mulyanto & Vincent Suhartono, 2011. Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri., Hartati, Sri., Harjoko, Agus., Wardoyo, Retantyo., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Penerbit Graha ilmu, yogyakarta.

Susilo, Frans. 2006. “Logika Fuzzy Inferensi”. Graha Ilmu. Yogyakarta


Refbacks

  • »
  • »
  • »