PENGARUH APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Rahmawati dan Ayu Yusna

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Aplikasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Muara Batu”. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dan guru merupakan suatu masalah yang mendasar di SMAN 1 Muara Batu. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui Adanya Pengaruh Aplikasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN 1 Muara Batu. Pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Muara Batu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 318 siswa. Sampel yang diambil hanya 2 kelas yaitu kelas X2sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dansiswa kelas X3sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X2dan siswa kelas X3sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai media audio visual dengan model konvensional adalah 1 = 41.1 dan 2 = 34,5. Data dianalisis dengan t-tes. Hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel (3.968 ≥ 2,021). Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai media audio visual dengan model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) disertai media audio visual terhadap hasil belajar siswa dikelas X  pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMAN 1 Muara Batu.

Kata Kunci: Problem Based Instruction (PBI), Model Konvensional, Media Audio Visual, hasil belajar.


PENDAHULUAN

Pembelajaran yang ideal adalah proses pembelajaran yang mencapai target yang ditetapkan dalam rencana pembelajaran yang sesuai dengan ketetapan dalam kriteria ketuntasan. Pembelajaran yang ideal itu jika pelaksanaannya terdapat instrumen untuk mengukur keberhasilan dan melaksanakan pengukuran. Dari segi proses, pembelajaran dianggap ideal jika siswa terlibat secara aktif dalam melakukan tahapan-tahapan prosedur pembelajaran. Dari segi hasil, dianggap ideal jika tujuan pembelajaran di kuasai dengan tuntas.

Pembelajaran yang ideal tidak hanya terfokus pada hasil yang di capai peserta didik. Namun ditinjau dari proses pembelajaran yang mampu membuat peserta didik paham dengan semua materi yang di jelaskan, bisa mengungkapkan kembali apa yang telah di jelaskan pendidik dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan mereka. Sehingga, munculnya suatu perubahan atau perbaikan dalam proses belajar mengajar yang akan berdampak baik untuk semua peserta didik dan lingkungan pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

Arsyad, A, dkk. 2003. Media Pembelajaran, Cet Ke5. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, L. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Nasution, P. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam Pembelajaran Matematika di SMU. Dinamika Vol. VI No. 1, 33

Rukkiyah, H.2010. Media Audio Visual. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.