PENDETEKSIAN IQ ANAK BERBASIS WEBSITE

Yulhendra .

Sari


ABSTRAK

Perkembangan teknologi komputer berkembang dari waktu ke waktu dan pada akhirnya melahirkan teknologi yang dikenal dengan sebutan internet. Internet merupakan salah satu bagian dari hasil perkembangan aplikasi komputer yaitu dengan menghubungkan satu komputer atau jaringan komputer ke suatu jaringan komputer yang sangat besar. Fakultas Teknik Universitas Almuslim merupakan sebuah lembaga pendidikan yang merupakan salah satu fakultas yang ada pada Universitas Almuslim Bireuen. Pemanfaatan teknologi internet tentunya sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi-informasi dan dapat membantu mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran mulai dari registrasi sampai dengan hasil studi nantinya dapat di akses melalui sebuah aplikasi web yang khusus mengelola bagian kemahasiswaan di fakultas teknik Universitas Almuslim. Aplikasi berbasis web yang dimaksud yaitu sebuah website dinamis yang dapat mengelola data dan menyampaikan informasi tentang Fakultas Teknik Universitas Almuslim yang bisa diupdate sewaktu-waktu apabila ada perubahan data, dimana dalam web ini akan ditampilkan dan dijelaskan secara lengkap informasi yang berhubungan dengan kemahasiswaan di Fakultas Teknik Universitas Almuslim yang dapat diakses melalui internet. Sistem yang akan dirancang tentunya akan memanfaatkan software yang mendukung bahasa pemrograman untuk pembentukan mekanisme dari sistem informasi yang berbasiskan web yaitu bahasa pemrograman PHP dengan media penyimpanan MySQL.

Kata Kunci: Internet, Website, Informasi


PENDAHULUAN

Intelegensi merupakan kemampuan seseorang dalam memperoleh pengetahuan (mempelajari dan memahami), mengaplikasikan pengetahuan (memecahkan masalah), serta berfikir abstrak. Sedangkan Intelligence Quotient atau IQ adalah skor yang diperoleh dari tes intelegensi. Kecerdasan ini diatur oleh bagian korteks otak yang dapat memberikan kemampuan untuk berhitung, beranalogi, berimajinasi, dan memiliki daya kreasi serta inovasi.

Tinggi rendahnya tingkat inteligensi anak dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. secara garis besar, faktor-faktor tersebut dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu: (1) faktor genetik; (2) faktor gizi; dan (3) faktor lingkungan. Skor tes IQ yang diambil pada masa kanak-kanak pertengahan merupakan prediktor prestasi sekolah yang cukup bagus, terutama bagi anak dengan tingkat verbal yang tinggi, dan skor yang dihasilkan jauh lebih dapat diandalkan dibanding skor yang didapat pada masa prasekolah.

Beberapa faktor lingkungan yang mempunyai efek positif terhadap kecerdasan anak antara lain: hubungan orang tua dan anak, tingkat pendidikan ibu, dan riwayat sosial-budaya. Sedangkan, anak yang tumbuh dengan penghasilan orang tua yang rendah mempunyai risiko tertundanya perkembangan kognitif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

http://www.quickiqtest.net/resultsqen.php

Jogianto. H.M 1999. Pengenalan Komputer . Jogyakarta: Penerbit Andi

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Jogyakarta: Penerbit Andi

Syaukani, Muhammad. 2003. Pengolahan Data Pada MySQL Server Menggunakan Visual FoxPro8. Jogyakarta: Penerbit Alex Media Komputindo

Musyawarah, Rina. 2007. Membangun Aplikasi Database Berbasis Web Untuk Pemula. Jogyakarta: Penerbit Alex Media Komputindo

Budiharto, Widodo & Rahardi Saftian. 2005. Aplikasi Database ORACLE 10g dengan VB6/VB.NET. Jogyakarta: Penerbit Alex Media Komputindo

Kusrini & Koniyo, Andri. 2007. Membangun Sistem Informasi Akutansi Dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Jogyakarta: Penerbit Andi.

http:// pustaka.uns.ac.id digilib.uns.ac.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.