SIMULASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) PEUSANGAN BERBASIS MULTIMEDIA

Riyadhul Fajri

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk merancang atau membuat sebuah animasi Simulasi DAS (Daerah Aliran Sungai) Peusangan Berbasis Multimedia serta memberikan infromasi kepada masyarakat agar menjaga sungai dengan menghentikan penebangan pohon pada sisi Sungai. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini terdiri dari langkah-langkah berikut: metode penelitian ini dilakukan guna mendukung terhadap perancangan animasi Simulasi DAS (Daerah Aliran Sungai) Peusangan Berbasis Multimedia, diperoleh melalui buku, jurnal maupun media website, seperti tentang animasi, metode penulisan yang diterapkan dan pemograman yang digunakan, serta konsep atau modelling yang digunakan dan Prosedur perancangan, merupakan suatu penganalisaan terhadap perancangan yang akan dibangun. Secara umum animasi adalah suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak atau hanya berkesan hidup.

Kata Kunci: Simulasi DAS Berbasis Multimedia


PENDAHULUAN

Animasi merupakan salah satu teknik yang dipakai dalam dunia multimedia. Saat ini banyak yang bermunculan berbagai macam iklan animasi dengan beraneka ragam konsep dan pesan yang disampaikan, dari iklan yang simple sampai yang kompleks. Proses pembuatan iklan animasi tidak lepas dari pemilihan teknik modelling yang tepat sesuai konsep karakter serta iklan yang baik membutuhkan persiapan yang matang serta konsep yang benar-benar kuat. Karena iklan harus dikemas secara singkat tetapi harus bisa menyampaikan pesan dari barang ataupun jasa yang di iklankan kepada konsumen, dengan demikian konsumen yang melihat iklan tersebut menjadi mengerti akan pesan yang disampaikan dan akhirnya tertarik untuk menggunakan barang atau jasa yang di iklankan.

Animasi berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam. Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Nopember 2011, "Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu dan Berkelanjutan". Tapak Journal. Volume 1, No. 1, http://www.ummetro.ac.id/file_jurnal/3_Anwar.pdf, 2 juli 2015.

Haviluddin, Februari 2011, Memahami Penguna UML (Unifed Modelling Language), Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 12 No 1. FMIPA Universitas Mulawarman.

Kristio. “Detail umum Animasi”. 12 juli 2015. http://kristio-m--fst08.web.unair.ac.id/artikel_detail-24315-Umum-Animasi.html

Tata Sutabri, 2012, Analisis Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Wikipedia. “Adobe Flash”. 12 juli 2015. https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Flash


Refbacks

  • »
  • »