RANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR TERHADAP PENYAKIT RETINOPATI DIABETIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Iqbal .

Sari


ABSTRAK

Komplikasi Diabetes Melitus (DM) adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat, penyakit tersebut dapat menyebabkan kebutaan menetap bagi penderita. Retinopati diabetik ditandai dengan adanya gangguan pembuluh darah, hal tersebut dapat dilihat menggunakan foto fundus tetapi memerlukan biaya yang besar karena tandanya berada di bagian syaraf retina, untuk membantu dokter spesialis dan masyarakat agar lebih mudah mendeteksi penderita penyakit retinopati maka hal utama yang dilakukan yaitu  merancangan aplikasi Sistem pakar terhadap penyakit retinopti. Sistem yang dibangun adalah deteksi secara dini retinopati diabetik dari setiap gejala yang ada. Implementasi hasil akhir rancangan sistem pakar menggunakan Metode Forward Chaining yang dimulai dari sejumlah fakta-fakta yang telah diketahui untuk mendapatkan fakta-fakta yang baru, yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah dapat membantu masyarakat dalam mendeteksi secara dini terhadap penyakit retinopati diabetic.

Kata Kunci: Retinopati Diabetik, Forward Chaining


PENDAHULUAN

Salah satu hal yang paling berharga pada kehidupan manusia adalah kesehatan, untuk menjaga kesehatan ada berbagai kiat yang dapat dilakukan yaitu menjaga pola makan, berolah raga secara teratur, mengalokasi waktu khusus pemeriksaan kedokter spesialis atau pakar dan juga dapat memanfaatkan media teknologi informasi tentang pengetahuan kesehatan. Tetapi masih banyak masyarakat tidak mengerti atau memiliki kendala-kendala yang lainnya seperti terbatasnya tempat untuk melakukan pemeriksaan ataupun berolahraga, dan juga minimnya informasi tentang kesehatan.

Penyakit yang sangat sering diderita oleh masyarakat salah satunya yaitu komplikasi Diabetes Melitus (DM) atau sering disebut Retinopati diabetik, dimana penyakit tersebut dapat menyebabkan kebutaan menetap, hal ini disebabkan karena semakin lama DM diderita semakin tinggi kemungkinan terjadinya retinopati. Retinopati diabetik ditandai dengan adanya gangguan pembuluh darah di retina berupa kebocoran, sumbatan dan timbul pembuluh darah yang  sangat rapuh dan mudah menimbulkan pendarahan.

Penyakit retinopati diabetik dapat dilihat menggunakan foto fundus tetapi memerlukan biaya yang besar karena tandanya berada di bagian syaraf retina, untuk membantu dokter spesialis dan masyarakat agar lebih mudah mendeteksi penderita penyakit retinopati maka hal utama yang dilakukan yaitu merancangan aplikasi Sistem pakar terhadap penyakit retinopti diabetik sehingga dapat menentukan seberapa besar kemungkinan pasien menderita penyakit Retinopati diabetik dan solusi yang dapat dilakukan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustinus, Prasetyo mahardika, 2012. Sistem pakar mendeteksi penyakit dalam dengan metode backward chaining menggunakan visual basic 2010,

Anang, Suryadi, 2012. Rancang bangun aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit mata manusia dengan mengunakan metode forward chaining, program studi informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah ponorogo, Ponorogo.

Evi, sagitaria tarigan, 2011. Perancangan sistem pakar mendeteksi penyakit diabetes menggunakan visual basic 6.0, Departemen matematika, Fakultas matematika dan ilmu pengertahuan Alam, Universitas Sumaterra Utara, Medan.

Elvoumar paskahnsen, 2011. sistem pakar untuk diagnosa penyakit katarak pada manusia, program studi s-1 ilmu komputer departemen ilmu komputer fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas sumatera utara, Medan.

Rachmawati, Dhami johar dhamiri, Ate susanto, 2012. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Asma, Sekolah tinggi teknologi garut, Bandung.

Setiawan, 2012. Sistem deteksi retinopati diabetik menggunakan support vector machine, Program pasca sarjana, Universitas diponegoro, Semarang.

http://prodia.co.id/penyakit-dan-diagnosa/retinopati-diabetik Di akses tanggal 11 Juni 2014

http://www.rsisultanagung.com/v1.1/index.php?option=com_content&view=article&id=725:diabetik-retinopati-komplikasi-pandangan-mata-para diabetisi&catid=5:kesehatan&Itemid=22 Di akses tanggal 05 Juli 2014

http://www.terapimata.com/penyakit_mata_diabetes.htm Di akses tanggal 13 Juli 2014


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.