PARTISIPASI DALAM PEMILU “KEHADIRAN DAN KETIDAKHADIRAN PEMILIH DI TPS DALAM PEMILU DI WILAYAH KABUPATEN ACEH TENGAH”

Edi Putra Kelana

Sari


ABSTRAK

Di Indonesia berpartisipasi politik dijamin oleh negara. Hal ini tercantum dalam UUD 1945 pasal 28 yang berbunyi “kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang”. Selain itu, di atur pula dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2005 mengenai jaminan hak-hak sipil dan politik, dimana poin-poin hak yang harus dilindungi oleh negara mengenai hak berpendapat, hak berserikat, hak memilih dan dipilih, hak sama dihadapan hukum dan pemerintahan, hak mendapatkan keadilan, dll. Rendahnya angka partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden secara Nasional, berimplikasi pada kurangnya legitimasi rakyat terhadap calon legislatif sebagai anggota parlemen dan calon presiden sebagai presiden Republik Indonesia. Penelitian ini akan melihat tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Aceh Tengah dengan mengambil tema kehadiran dan ketidakhadiran pemilih dalam pemilu, berapa prosentase yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Dalam penelitian ini juga yang akan melihat apa yang melandasi pemilih hadir di TPS untuk menggunakan hak pilihnya di TPS-TPS yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

Kata Kunci: Partisispasi dalam Pemilu


PENDAHULUAN

Pemilu Legislatif 2014 yang berlangsung pada tanggal 9 April 2014 telah berlalu. Pemilu legislatif ini memilih kurang lebih 19.700 (Sembilan belas ribu tujuh ratus) kandidat caleg yang tersebar di 2.450 (dua ribu empat ratus lima puluh) daerah pemilihan. Oleh karena itu, pemilu di Indonesia dikenal sebagai salah satu pemilu terbesar di dunia yang juga melibatkan hampir 20.000 (dua puluh ribu) calon anggota legislatif (caleg), juga lebih dari 186 (seratus delapan puluh enam) juta pemilih.

Kondisi ini tentu menjadikan pelaksanaan pemilu tak terbayangkan rumitnya. KPU sebagai penyelenggara pemilu menghadapi tantangan luar biasa untuk mengorganisir penyelenggaraannya. Tantangan terbesarnya adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam penggunaan hak pilih pada 9 April 2014. Berkaca dari pengalaman pemilu di Indonesia sejak Pemilu 1999 hingga 2009, terjadi penurunan partisipasi pemilih cukup signifikan. Tingkat partisipasi terus menurun dari 92 persen (%) pada Pemilu 1999 menjadi 84 persen (%) di 2004, dan terus menurun saat penyelenggaraan Pemilu 2009, yakni tinggal 71 persen (%). Secara konsisten rata-rata penurunan dari tiga periode pemilu tersebut sebesar kurang lebih 10 persen (%). Jika trend ini diikuti maka sangat mungkin Pemilu 2014 tingkat partisipasinya tinggal 60 persen (%). Selain menurunnya angka partisipasi pada 3 periode pemilu, jumlah suara tidak sah juga terus mengalami kenaikan dari 3.3 persen (%) pada Pemilu 1999 menjadi 9.7 persen (%) pada Pemilu 2004, dan melonjak pada angka 14.4 persen (%) di Pemilu 2009.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buss, Terry F, et al. 2006 (hal,297) Modernizing Democracy : Innovation in Citizen Partisipation. Ner York: ME. Sharpe.

Fahmy, Eldin. 2006. Young Citizens: Young’s People involvement in Politics and Decision Making. Great Britain.

Furlong, Andy dan Fred Cartmel. 2007. Young people and Social Change. McGrawHills Company.

Grofman, Bernard. 1995. Information, Participation, And Choice: An Economic Theory of Democracy in Perspective. University of Michigan

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa. Jakarta: Granit

Hasibuan, Muhammad Umar Syahadat dan Yohanes S Widada. 2008. Revolusi Kaum Muda. Jakarta Obor Indonesia

Hutington, Samuel & Joan Nelson. 1994. Partisipasi Politik di Negara Berkembang. Rineka Cipta.

Ismanto, Ign. Dkk. 2004. Pemilihan Presiden Secara Langsung 2004 Dokumentasi, Analisis dan Kritik. Jakarta: Kementrian Riset dan Teknologi, dan Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS.

Miriam Budiardjo. 2005. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia.

Tambouris, efthimios. 2010. Elektronic participation: second international conference. E Part 2010.

Fitri Yeni. 2011. Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden 2009 di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurusan Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Skripsi.

Juniarti, Rahmi. 2011. Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda Oleh Partai Politik Kota Padang (Studi Pada Partai Golongan Karya, Partai Demokrat). Jurusan Ilmu Sosial dan Politik Fakultas Sosial UNP. Skripsi.


Refbacks

  • »