PRILAKU MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Cut Azmah Fithri

Sari


ABSTRAK

Kebersihan sudah menjadi masalah rutin dalam kehidupan sehari-hari.Kebersihan lingkungan suatu hal yang harus mendapatkan perhatian dari manusia sebagai masyarakat pengguna lingkungan. Kegiatan yang terjadi disekitar pantai di pengaruhi oleh prilaku masyaraka nelayan setempat. Prilaku yang biasanya terjadi adalah pembuangan sampah di sembarangan tempat, sehingga menimbulkan kekumuhan di sekitar pantai. Keadaan ini terus berlanjut tanpa adanya perbaikan lingkungan. Sehingga kondisi lingkungan mengalami penurunan kualitas, baik dari kebersihan maupun keindahan lingkungan disekitar pantai.Penelitian ini dilakukan di Dusun Pantai Desa Blanggeulumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana prilaku masyarakat nelayan untuk menjaga lingkungannya dengan melihat hasil survei dari penyediaan sarana, prasaran dan kondisi lingkungan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi dan survey dengan cara wawancara dan informan. Pada kenyataannya masyaraka nelayant kurang menyadari tentang kebersihan lingkungan, walaupun masyarakat sendiri mengetahui kalau lingkungannnya bersih maka hidup akan lebih nyaman. Dengan keadaan ini diminta kepada pihak-pihak yang terkait dengan kebersihan lingkungan dapat terus memberikan bimbingan tentang kebersihan lingkungan. Lebih sederhana dapat menyediakan tempat-tempat sampah dibeberapa titik dan memberikan penyuluhan mendaur ulang sampah.

Kata kunci: Masyarakat nelayan, kebersihan, lingkungan, Prilaku.


PENDAHULUAN

Hidup dengan lingkungan yang bersih mestinya sudah diajarkan sejak dini agar kelak dewasa menjadi hal yang terbiasa. Kebersihan sudah menjadi masalah rutin dalam kehidupan sehari-hari.Kebersihan lingkungan suatu hal yang harus mendapatkan perhatian dari manusia sebagai masyarakat pengguna lingkungan. Khususnya didaerah pesisir pantai yang banyak didiami masyarakat nelayan, kebersihan lingkungan kurang diperhatikan. Bahkan daerah pesisir pantai identik dengan daerah kumuh, dengan kondisi kebersihan lingkungan yang sangat rendah. Di daerah pantai terdapat berbagai macam kegiatan seperti, permukiman, industri, tambak, nelayan, perdagangan, transportasi, pelabuhan dan rekreasi. Kesemua kegiatan ini memanfaatkan lingkungan disekitar pantai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cut Azmah, 2013. Pertumbuhan Permukiman Nelayan Desa Blang Geulumpang, Studi Kasus Dusun Pantai Desa Blanggeulumpang Aceh Timur. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Jalaluddin, Rahmat, 207, Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prianto, E. 2005. Proseding “Fenomena Aktual Tema Doktoral Arsitektur dan Perkotaan”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Purba, J. 2002. Pengelolaan Lingkungan Sosial : Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Wheat, 1994 dalam Nikki Eistuis Lewaherilla, 2002, Pariwisata Bahari; Pemanfaatan potensi Wilayah Pesisir dan Lautan, Bogor.

Usman, Husaini. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »