KAPASITAS TAMPUNG TERNAK BERDASARKAN PEMANFAATAN POTENSI PAKAN TERNAK RUMINANSIA

Chairul Fadli

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi limbah terhadap kapasitas tampung ternak ruminansia dan pengaruh limbah pertanian, agroindustri sebagai pakan ternak, terhadap produktivitas dan reproduksi ternak ruminansia di Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Penelitian dimulai tanggal 20 April 2014 sampai 02 juni 2014. Materi yang dalam penelitian ini adalah 20 ekor sapi Simmental betina umur 3-4 tahun. Metode yang digunakan untuk mengukur potensi limbah adalah Metode Nell dan Rollinson 1974. Hasil penelitian kapasitas tampung pakan ternak berkisar 1,96 sampai 20,25 (ST/ha/tahun) dan bisa menambah populasi 1.280.024,47 ST. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Dharmasraya memiliki tingkat kapasitas tampung berkisar antara 1,96 - 20,25 ST/ha/tahun, dan masih bisa menambah populasi sebanyak (1.280.024,47 ST).

Kata kunci: Sapi, kapasitas tampung (ST).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik (BPS). 2013. Dharmasraya Dalam Angka. Sumatera Barat.

Fariani. A., Evitayani. 2008. Potensi rumput rawa sebagai pakan ruminansia: produksi daya tampung dan kandungan fraksi seratnya. Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya. Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Farizaldi. 2011. Produktivitas Hijauan Makanan Ternak Pada Lahan Perkebunan Kelapa Sawit berbagai Kelompok Umur di PTPN 6 Kabupaten Batanghari Propinsi Jambi. Fakultas Peternakan Universitas Jambi. Jambi.

Hafid, H. dan A. Syam. 2000. Pengamatan terhadap Distribusi dan Intensitas Pemotongan Sapi Betina Produktif pada Rumah Potong Hewan di Kota Madya Kendari. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Haluoleo, Kendari.

Hafid. H., Darwin. H., Jaya. M., 2007. Penggunaan Pupuk Kandang Pada Padang Rumput di Lahan Kering Sulawesi Tenggara. Media Peternakan. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Peternakan. Fakultas Peternakan IPB. Bogor

Hermawan. D. 2014. Pelepah Sawit Sebagai Pakan Sapi Potong. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. Bogor

Kartasapoetra, A.G. 2006. Klimatologi PengaruhIklim Terhadap Tanah dan Tanaman. Penerbit PT Bumi Aksara. Jakarta.

Nell, A.J. and D.H.L. Rollinson. 1974. The Requirements and Availability of livestock feed in Indonesia. UNDP.

Paath. R. H., Kaligis. D. A., dan Kaunang. C. L. 2012. Produksi dan Kualitas Jerami Jagung Sebagai pakan Ternak Sapi di Kabupaten Minahhasa Selatan. Fakultas Peternakan UNSRAT Manado.

Sutoro, Y. Sulaeman, dan Iskandar. 1998. Budidaya Tanaman Jagung. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Sumbung, F.P. 2002. Faktor nutrisi dalam reproduksi sapi Bali. Makalah Kursus Singkat Penggunaan Teknologi Radioimmunoassay dan UMMB dalam Biologi Reproduksi Ternak. Kerjasama Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin – Ditjen Dikti, Makassar.

Sunarminto, B. H. 2010. Pertanian Terpadu Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional. BPFE UGM. Yogyakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »