PENERAPAN TEKNOLOGI PAKAN DAN FORMULASI RANSUM PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING DI KABUPATEN BIREUEN

Ariani Kasmiran dan Yayuk Kurnia Risna

Sari


ABSTRAK

Pengembangan ternak kambing di Kabupaten Bireuen terkendala oleh beberapa factor diantaranya adalah terbatasnya lahan penanaman hijauan pakan, sistem pemeliharaan, dan keterbatasan pengetahuan peternak tentang teknologi dibidang peternakan. Kelompok Ternak Me Rayeuk dan Kelompok Ternak Lestari dalam usaha penggemukan ternak kambingnya masih menggunakan cara tradisional belum adanya penggunaan teknologi pakan dan pemanfaatan limbah pertanian, perkebunan, dan industry sebagai sumber pakan ternak. Solusi yang ditawarkan untuk penyelesaian masalah peternak adalah dengan memberikan pengetahuan dan teknologi pakan seperti pembuatan silase, hay, amoniasi, fermentasi, compled feed dan wafer sehingga peternak mampu memanfaatkan limbah pertanian, perkebunan sebagai sumber bahan pakan. Metode yang digunakan untuk megatasi persoalan mitra adalah dengan metode pendekatan individu dan kelompok melalui kegiatan penyuluhan, demostrasidan plot. Kecamatan Peusangan Selatan dan Peusangan merupakan daerah yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai sentral budidaya ternak kambing karena memiliki sumberdaya pakan yang melimpah seperti jerami padi, kulit coklat, jerami kacang tanah dan kacang kedelai, ampas tebu, dan limbah jagung. Setelah pengabdian dilakukan 85 % sangat puas terhadap penambahan wawasan tentang teknologi pengolahan pakan ternak, 75 % dapat membedakan antara pakan ternak ruminansia dengan pakan ternak unggas, 43 % dapat memanfaatkan limbah sebagai pakan dan diberikan dengan imbanga konsentrat, 32 % dapat menformulasikan pakan ternak kambing, 97 % dapat menggunakan mesin untuk pengolahan pakan ternak, 81 % peternak berkeinginan untuk memanfaatkan teknologi yang diberikan.

Kata Kunci : formulasi, Kelompok ternak, Teknologi Pakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Leeson, S dan J.D. Summers. 2005. Commercial Poultry Nutrition. Third Edition. Department of Animal and Poultry Science. University of Guelph. Guelph, Ontario. Canada.

Badan Pusat Statistik, 2011, Kabupaten Bireuen, Aceh

Middatul, S. 2010. Performans Reproduksi Ternak Kambing PE (Peranakan Ettawa) di PT. Reanindo Perkasa Kenagarian Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar

Sarwono, B. 2005. Beternak Kambing Unggul. Penerbit Swadaya, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.