POTENSI PARIWISATA DALAM PERSPEKTIF ENTREPRENEURIAL GOVERTNMENT

Syarifah Maihani

Sari


ABSTRAK

Pengembangan Potensi Pariwisata dalam Perspektif Reinventing Government. Pariwisata Kabupaten Bireuen mengalami kemajuan signifikan dalam satu dekade terakhir, terutama dalam rangka menyongsong Visit Bireuen Year 2018 Kabupaten Bireuen.Fenomena di sektor pariwisata ini menarik untuk dikaji dalam perspektif entrepreneurial government. Gagasan utama dari konsep ini adalah bagaimana cara mewirausahakan birokrasi agar sektor publik dapat menjalankan roda organisasinya lebih kompetitif serta efektif dan efisien melalui 10 prinsip entrepreneurial government. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode eksploratori dengan lokus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bireuen. Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kesesuaian antara implementasi perspektif Entrepreneurial Government terhadap kinerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bireuen adalah mencapai tingkat kesesuaian 80%. Tingkat ini diperoleh dari hasil asumsi hitung 10 prinsip yang terdapat dalam Entrepreneurial Government, Disbudpar Kabupaten Bireuen memenuhi 8 prinsip, sedangkan dua prinsip yang lainnya kurang memenuhi.

Kata Kunci: Pengembangan, Potensi Pariwisata, Entrepreneurial Government


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amirin, Tatang. (2009) Penelitian Eksploratori (Eksploratif).Diakses melalui tatangmanguny. http://wordpress.com/ [diakses pada tanggal 13 Januari 2012.

Keban, Yeremias T. (2004) Enam Dimensi Strategis Admistrasi Publik, Konsep, Teori, dan Isu. Yogyakarta, Gava Media.

Kurnianto, Imam Rudy. (2008) Pengembangan Ekowisata ( Ecotourism ) di Kawasan Waduk Cacaban Kabupaten Tegal. Semarang, Universitas Diponegoro.

Osborn, David and Gaebler,Ted. (1996) Mewirausahakan Birokrasi: Reinventing Government, Mentransformasi Semangat Wirausaha Ke Dalam Sektor Publik. Jakarta, Pustaka Binaman Pressindo.

Spillane, James J. (1994) Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta, Kanisius.

Undang-undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Yoeti, Oka. (1996) Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung, Angkasa.


Refbacks

  • »