PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN

Rahmi Novalita

Sari


Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya motivasi dan partisipasi mahasiswa dalam proses belajar mengajar pada matakuliah penulisan karya ilmiah dan seminar geografi. Kebanyakan mahasiswa datang, duduk, diam dalam proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar berjalan satu arah. Disamping itu ketika mahasiswa ditugaskan untuk menulis sebuah karya ilmiah dalam bentuk proposal penelitian, mahasiswa merasa kesulitan dalam menulis karya ilmiah. Hal ini berdampak kepada rendahnya hasil belajar mahasiswa. Lesson study ini dilaksanakan untuk mahasiswa prodi pendidikan geografi FKIP Umuslim semester VII. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui implementasi strategi pembelajaran lesson study pada matakuliah penulisan karya ilmiah dan seminar geografi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dalam bentuk lesson study dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang mahasiswa. 3 orang dosen dan peneliti sendiri. Pengumpulan data melalui observasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan strategi pembelajaran lesson study pada matakuliah penulisan karya ilmiah dan seminar geografi.

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Hendayana, S.dkk. (2006). Lesson Study : Suatu Strategi untuk Meningkatkan keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JIKA). Bandung : UPI Press

Http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/lesson-study-untuk-meningkatkan-pembelajaran/..diakses tanggal 31 agustus 2014

Maleong,Lexy. 2000.Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Rusda Karya

Novalita, Rahmi. 2013. Dimensi Sosial Etnis yang Bermukim di Kota Bukittinggi. Tesis. Program Pasca Sarjana UNP. Padang

Rustono WS. (2008). Meningkatkan kemampuan Mahasiswa menerapkan strategi pembelajaran melalui lesson study di sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Dasar: No 10 Oktober 2008.

Samana, A. 2002. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Karnisius.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.