PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ALAT PERAGA MAYA (VIRTUAL MANIPULATIVES) MENGGUNAKAN PROGRAM WINGEOM 2-dim dan 3-dim PADA MATA KULIAH GEOMETRI I

Asrul Karim dan Maisura

Sari


Pengembangan media interaktif ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep geometri yang berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respons mahasiswa terhadap media interaktif berbasis alat peraga maya (virtual manipulatives) menggunakan program wingeom 2-dim dan 3-dim dan kegiatan pembelajaran yang telah dikembangkan. Desain penelitian pengembangan media interaktif terdiri dari lima tahapan yaitu preliminary investigation, design, realization, test, evaluation, and revision, serta implementation. Tahap uji coba dilakukan pada 32 orang mahasiswa yang mengambil mata Geometri I pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil uji coba media interaktif berbasis alat peraga maya (virtual manipulatives) menggunakan program wingeom 2-dim dan 3-dim pada mata kuliah geometri I. Ketercapaian indikator yang ditargetkan dari alat peraga maya, untuk indikator kesesuaian media dengan materi skor ketercapaiannya “Baik”, animasi dari materi skor ketercapaiannya “Baik”, dan kedalaman runtutan materi skor ketercapaiannya “Cukup”. Terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa yang rata-rata 48,43 menjadi 71,72. Sebagian besar mahasiswa menunjukkan sikap positif terhadap media interaktif berbasis alat peraga maya (virtual manipulatives) menggunakan program Wingeom 2-dim dan 3-dim dan kegiatan pembelajaran yang telah dikembangkan. Kata Kunci: Media Interaktif, Wingeom 2-dim dan 3-dim

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasanah. 2008. Alat Pembelajaran Maya dalam Pembelajaran Matematika [Online] tersedia di http://hasanahworld.wordpress.com/2008/12/23/alat-peraga-maya-dalam-pembelajaran-matematika/ [ 5 Agustus 2012].

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Yokyakarta.

Rudhito, M. Andy. 2008. Geometri dengan Wingeom (Panduan dan Ide Belajar Geometri dengan Komputer). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma, Yokyakarta.

Lentera Vol. 14 No.1 Januari 2014 7

Rudiyanto, M.S & Waluya, S.B. Pengembangan Model Pembelajaran Volume Benda Putar Berbasis Teknologi Dengan Strategi Konstrukstivisme Student Active Learning Berbantuan CD Interaktif Kelas XII. FMIPA Universitas Negeri Semarang. [Online] tersedia http://journal.unnes.ac.id/index.php/kreano/article/download/220/229. [5 Agustus 2012]. Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sarjiman, P. 2006. Peningkatan Pemahaman Rumus Geometri Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th.XXV, No.I. [Online] tersedia di http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/articel/download/393/pdf. [5 Agustus 2012]. Suwaji, U. T. 2008. Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Yogyakarta.

Turmudi. 2009. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Leuser Cita Pustaka, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.