REALITAS AKTUAL PRAKSIS KURIKULUM SUATU ANALISIS PADA SEKOLAH UNGGUL

Najmuddin dan M.Iqbal

Sari


Tujuan Pendidikan Agama Islam secara umum sebagai penjabaran dari tujuan kurikulum dalam
rangka mencapai tujuan nasional adalah membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, melalui pemberian dan
pemupukan pengetahuan, penghayatan serta pengamalan peserta didik tentang agama Islam,
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya. Kurikulum
merupakan aktifitas praktik yang dilaksanakan pada kurun waktu dan tempat tertentu dan
memperhatikan dampak kondisi sosial dan historis terhadap keputusan kurikuler. Teori dan praktek
merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dan saling berhubungan. Kurikulum dikembangakan
lewat interaksi yang dinamis antara tindakan dan refleksi. Dengan demikian, kurikulum bukan hanya
seperangkat rencana yang harus diimplementasikan, tetapi juga dihasilkan lewat proses secara aktif
yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian seecara resiprokal dan
terpadu. Teori dan model kurikulum merupakan bagian dari wacana yang membantu pembentukan
praktik kurikuler. Teori kurikulum akan menjadi operasional lewat pemilihan atau pengembangan
kerangka berpikir. Model kurikulum merupakan pola umum untuk membentuk atau menciptakan
rencana program untuk jenjang pendidikan tertentu. Jadi nilai pendidikan Islam adalah sifat atau hal
yang melekat pada pendidikan Islam yang digunakan sebagai dasar manusia untuk mencapai tujuan
hidupnya yaitu mengabdi pada Allah. Nilai tersebut perlu ditanamkan pada anak sejak kecil, karena
pada waktu itu adalah masa yang tepat untuk menanamkan kebiasaan yang baik pada seorang
individu.
Kata kunci: Realitas Aktual Praksis Kurikulum dan Sekolah Unggul

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam,

Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Oemar Hamalik, Dasar-Dasar

Pengembangan Kurikulum,

Bandung, PT. Remaja

Rosdakarya, 2009.

Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam,

Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2012.

Muhaimin, et. Al, Paradigma Pendidikan

Islam Upaya Mengefektifkan

Pendidikan Agama Islam di

Sekolah, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2002.

Mujtahid, “Pendekatan Penerapan

Kurikulum PAI”, makalah, Jurnal

UIN Maulana Malik Ibrahim

Malang, 2011.

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun

tentang Standar Nasional

Pendidikan.

Raharjo, M. Dawam, Islam dan

Transformasi Budaya,

Yogyakarta: Dana Bhakti Prima

Yasa, 2002.

Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan

Nasional Kita, Jakarta: Kompas,

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional, pasal 3.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.