REALITAS AKTUAL PRAKSIS KURIKULUM SUATU ANALISIS PADA SEKOLAH UNGGUL
Sari
rangka mencapai tujuan nasional adalah membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, melalui pemberian dan
pemupukan pengetahuan, penghayatan serta pengamalan peserta didik tentang agama Islam,
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya. Kurikulum
merupakan aktifitas praktik yang dilaksanakan pada kurun waktu dan tempat tertentu dan
memperhatikan dampak kondisi sosial dan historis terhadap keputusan kurikuler. Teori dan praktek
merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dan saling berhubungan. Kurikulum dikembangakan
lewat interaksi yang dinamis antara tindakan dan refleksi. Dengan demikian, kurikulum bukan hanya
seperangkat rencana yang harus diimplementasikan, tetapi juga dihasilkan lewat proses secara aktif
yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian seecara resiprokal dan
terpadu. Teori dan model kurikulum merupakan bagian dari wacana yang membantu pembentukan
praktik kurikuler. Teori kurikulum akan menjadi operasional lewat pemilihan atau pengembangan
kerangka berpikir. Model kurikulum merupakan pola umum untuk membentuk atau menciptakan
rencana program untuk jenjang pendidikan tertentu. Jadi nilai pendidikan Islam adalah sifat atau hal
yang melekat pada pendidikan Islam yang digunakan sebagai dasar manusia untuk mencapai tujuan
hidupnya yaitu mengabdi pada Allah. Nilai tersebut perlu ditanamkan pada anak sejak kecil, karena
pada waktu itu adalah masa yang tepat untuk menanamkan kebiasaan yang baik pada seorang
individu.
Kata kunci: Realitas Aktual Praksis Kurikulum dan Sekolah Unggul
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam,
Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Oemar Hamalik, Dasar-Dasar
Pengembangan Kurikulum,
Bandung, PT. Remaja
Rosdakarya, 2009.
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam,
Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, et. Al, Paradigma Pendidikan
Islam Upaya Mengefektifkan
Pendidikan Agama Islam di
Sekolah, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2002.
Mujtahid, “Pendekatan Penerapan
Kurikulum PAI”, makalah, Jurnal
UIN Maulana Malik Ibrahim
Malang, 2011.
Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun
tentang Standar Nasional
Pendidikan.
Raharjo, M. Dawam, Islam dan
Transformasi Budaya,
Yogyakarta: Dana Bhakti Prima
Yasa, 2002.
Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan
Nasional Kita, Jakarta: Kompas,
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, pasal 3.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.