RAGAM PENGHARGAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V JURUSAN TUNAGRAHITA SDLB BANDA ACEH Oleh: Nurlaili, M.Pd.

Nurlaili M.Pd

Sari


Penelitian ini berjudul “Ragam Penghargaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Jurusan Tunagrahita SDLB Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ragam penghargaan yang diberikan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Jurusan Tunagrahita SDLB Banda Aceh. Masalah penelitian ini adalah ragam penghargaan bagaimana saja yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas V SDLB Banda Aceh? Sumber data penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas V Jurusan Tunagrahita Sdlb Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, rekaman, dan wawancara dengan menempuh langkah-langkah berikut (1) mengamati proses belajar-mengajar yang dilakukan guru bidang studi Bahasa Indonesia di kelas V Jurusan Tunagrahita; (2) merekam dan mencatat ragam penghargaan yang diberikan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Ragam penghargaan tersebut mencakup ragam penghargaan verbal dan nonverbal. Untuk penghargaan verbal, pencatatan dilakukan secara langsung dibuku catat dan juga direkam langsung dengan menggunakan handycam untuk menjaga validitas data. Penghargaan nonverbal direkam serta difoto langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam penghargaan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Jurusan Tunagrahita SDLB Banda Aceh meliputi penghargaan verbal, yaitu kata ya, iya, bagus, pandai. Selain kata, ada juga kalimat, yaitu Iya, bagus tepuk tangan, dan Bagus Agus masih ingat. Di samping penghargaan verbal ada juga penghargaan nonverbal, yaitu anggukan kepala, senyuman, gerak mendekati, dan sentuhan. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian selayaknyalah dalam pembelajaran ragam penghargaan diberikan walau hanya dalam bentuk verbal dan nonverbal yang bukan benda.

 

Kata kunci: ragam penghargaan, tunagrahita, SDLB 


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alamsyah, Teuku. 1997. “Karakter Bahasa Guru dalam Interaksi Belajar-Mengajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar”. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Alimin, Zaenal. 2006. “Penelitian Tindakan Kolaboratif dalam Upaya Pengembangan Anak Tunagrahita Mencapai Perkembangan Optimum”. Tesis. Tidak diterbitkan. Bandung. SPLB YPLB UI.

-------. 2008. Perkembangan Anak Tunagrahita. Kompas, 07 April 2008.

Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grafindo.

Depdiknas. Edisi ketiga Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta:

Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Bandung: Media Insan Mulia.

Istadi, Irawati. 2005. Istimewakan Setiap Anak. Jakarta: Pustaka Inti

Kartadinata, Sunaryo. 1996. “Kerangka Kerja Bimbingan dan Konseling dalam pendidikan:

Pendekatan Ekologis Sebagai Suatu Alternatif”. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: PPB IKIP Bandung: Bandung

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nasution. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

-------, 1992. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja

Grafindo.

Sadirman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sukmadinata, Nana Syaudih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosda.

-------, 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syarifuddin, Ahmad. 2004. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Alquran.

Jakarta: Gema Insani.

Tarigan, Henri Guntur. 1981. Berbicara Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara

Usman, Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.