MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTIAL LEARNING) DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-1 MATERI NARRATIVE TEKS PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SMP NEGERI 3 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA

Sakdiah Sakdiah

Sari


Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa Kelas VIII-1 yang terutama pada materi tentang Materi Narrative Teks pada sejumlah 7 orang (29,17%) siswa mencapai nilai ketuntasan. Dan yang belum mencapai ketuntasan 17 orang (70,83%). Padahal idealnya minimal harus mencapai standar KKM 70. Sedangkan materi tersebut harus dikuasai oleh siswa supaya dapat diaplikasikan dalam konteks kehidupan nyata. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: apakah melalui model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-1 Materi Narrative Teks Pelajaran Bahasa Inggris pada SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-1 Materi Narrative Teks Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) pada SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dimulai dari bulan Agustus s.d. Oktober 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Sawang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-1 Materi Narrative Teks Pelajaran Bahasa Inggris pada SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning), Prestasi Belajar, Narrative Teks, dan Bahasa Inggris

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anitah, 2008. Strategi Pembelajaran di SMP. Jakarata. Universitas Terbuka.

Anita, Lie. 2002. Coorperative Learning. Jakarta Grasindo.

Budimansyah Dasim. 2002 Model Pembelajaran dan Penilaian. Siliwangi. HDB.

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Hidayat Komarudin, 2002. Active Learning. Yogyakarta. Yappendi.

Rukmana, Ade dan Suryana, Asep. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung: UPI Press.

Saud, Udin Saefudin dan Suherman, Ayi. 2006. Inovasi Pendidikan. Bandung: UPI Press.

BNSP, 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SMP. Jakarta. Depdiknas.

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta. Depdiknas.

BNSP , 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajardi SMP. Jakarta. Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.