PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING DAPAT MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.1 PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SUKU KE - N PADA BARISAN BILANGAN PADA SMP NEGERI 3 SAWANG KABUPATEN ACEH UTARA
Sari
Dari hasil tes Ulangan Harian (UH) pada siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 3 Sawang diketahui bahwa hasil yang dicapai belum memenuhi ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 75. Dari sejumlah siswa yaitu 23 orang, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimum pada Materi Suku Ke - n pada Barisan Bilangan sebanyak 17 siswa (73,91%). Sedangkan yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 6 siswa ( 26,08%). Fenomena tersebut disebabkan oleh faktor siswa yang kurang melibatkan diri untuk berfikir kritis, jarang diantara mereka memberi respon atas pertanyaan penulis, cenderung acuh tak acuh bahkan kurang sekali mengerjakan tugas yang diberikan oleh penulis. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX.1 Pelajaran Matematika Materi Suku Ke - n Pada Barisan Bilangan pada SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IX.1 Pelajaran Matematika Materi Suku Ke - n Pada Barisan Bilangan Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Pada SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Feb s.d. April 2020. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 3 Sawang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IX.1 pelajaran matematika materi Suku Ke - n Pada Barisan Bilangan pada SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.
Kata kunci: Model Pembelajaran Circuit Learning, Hasil Belajar, Matematika dan Suku Ke - n Pada Barisan Bilangan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, Muhammad. 2000. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan. 2005. Belajar Mengajar Kreatif, Bandung: Alfabeta.
Suranto, 2008, Konsep Mutu, Semarang, Sindur Press.
Sri Harmianto, 2013, Model Pembelajaran Inovatif, Bandung, Alfabeta.
Triatna, 2008, Bagaimana Menjadi Guru Penulis, Bandung, CV.Citra Praya.
Wiratmadja, 2008, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.