Gambaran Penyakit Infeksius Pada Ternak Sapi Dan Cara Pencegahan

Zulfikar M.Si

Sari


Peternakan merupakan sub sektor pertanian yang cukup memberi andil besar dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat terutama protein hewan yang sangat berguna untuk kesehatan maupun kecerdasan otak. Protein hewani yang dimaksud disini adalah yang didapatkan dari daging sapi. Namun ketersediaan daging sapi di dalam negeri cukup terbatas dikarenakan rendahnya populasi sapi yang dimiliki oleh para peternak sapi akibat munculnya berbagai macam penyakit yang cukup meresahkan para peternak.

Kesehatan ternak merupakan kunci penentu keberhasilan suatu usaha peternakan. Seperti munculnya suatu slogan dimana pencegahan lebih baik daripada pengobatan, dari hal tersebut munculnya keinginan untuk memperbaikinya dengan tindakan-tindakan seperti sanitasi, vaksinasi dan pelaksanaan. Banyak sekali penyakit yang dapat menyerang sapi namun demikian yang terpenting adalah Mastitis, Anthrax, Brucellosis, Septicemia Epizootica (SE), cacingan serta beberapa yang lainnya

Secara umum penyakit hewan adalah segala sesuatu yang menyebabkan hewan menjadi tidak sehat. Hewan sehat adalah hewan yang tidak sakit dengan ciri-ciri (a) bebas dari penyakit yang bersifat menular atau tidak menular, (b) tidak mengandung bahan-bahan yang merugikan manusia sebagai konsumen, dan (c) mampu berproduksi secara optimum. Selanjutnya akan di bahas  beberapa penyakit yang sering menyerang ternak sapi.

 

Kata Kunci : Sapi, Infeksi dan Pencegahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad R. Z. 2009. Beberapa penyakit Parasitik dan Mikotik Pada Sapi Perah yang Harus di Waspadai. Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas 2020

Anonimus 2001. Manual penyakit hewan mamalia . Direktorat Kesehatan Hewan. Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan. Departemen Pertanian. Jakarta.

Anonimus. 1994. Obat Tradisional Ternak Sapi. Lembar Informasi BIP Irian Jaya No. 139/94. Balai Informasi Pertanian Irian Jaya.

Anonimous, 2013. Pengendalian Penyakit Pada Domba dan Sapi. Jurnal primatani. Litbang. Deptan. Jakarta.

Asmaki, A. P., H. Masturi, dan T. D. Asmaki. 2008. Agribisnis Ternak Sapi. CV. Pustaka Grafika, Bandung.

Blakely, J. dan D.H. Bade. 1998. Ilmu Peternakan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. (Diterjemahkan oleh Bambang Srigandono)

Djarijah and Siregar A. 1996. Usaha Ternak Sapi. Yogyakarta, Kanisius.

Rianto, E. dan E. Purbowati. 2009. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.

Santosa, U. 2008. Mengelola Peternakan Sapi Secara Profesional. Penebar Swadaya, Jakarta.

Siregar, S.B. 2008. Penggemukan Sapi. PT. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sudardjat, S., 1990. Epidemiologi Veteriner. Direktorat Jenderal Peternakan, Departemen Pertanian, Jakarta.

Sudarnomo, A. S. dan Y. B. Sugeng. 2009. Sapi Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.

Subronto and Tjahajati. 2001. Ilmu Penyakit Ternak 2 . Gadjah Mada University Press .

Soeprapto, H. dan Z. Abidin. 2008. Cara Tepat Penggemukan Sapi Potong. Agromedia Pustaka, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.