MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF dan MENYENANGKAN (PAKEM) PADA POKOK BAHASAN PASAR KELAS X DI MAN GANDAPURA

Drs. Saleh Aksa M.Pd

Sari


Salah satu model pembelajaran yang dapat mengefektifkan IPS ekonomi adalah model pembelajaran PAKEM. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nenden Sundari, dkk (2008)  yang berjudul “Penerapan PAKEM dalam Meningkatkan hasil Belajar Matematika” (Penelitian Tindakan Kelas  di Kelas VI SD Muhammadiah), menyatakan bahwa penerapan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa  dari rata-rata 88,27 (siklus I ) menjadi rata-rata 97,59 (siklus II). Temuan mendukung rasional bahwa pembelajaran yang menyenangkan (PAKEM) memberikan stimulasi pada kemampuan belajarnya. Belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu, perubahan tingkah laku tersebut berupa pengetahuan (kognitif), nilai dan sikap (afektif) serta ketrampilan (psikomotorik), menurut purwanto (2007: 85) “belajar merupakan suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dan pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasan, kepandaian, atau suatu pengertian”. Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung bagaimana proses belajar yang dialami siswa sebagai anak didik. Menurut slameto (2003: 2) “ belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian dengan harapan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar sehingga membawa pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Atas dasar pemikiran tersebut, penulis bermaksud mengadakan suatu penelitian yang berjudul “ Menigkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan (PAKEM)pada Pokok Bahasan Pasar Kelas X di MAN Gandapura.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardhana. 2008. Penelitian Deskriptif. 12.wordpres.com., diakses 23 Juni 2009). (http://ardhana

Abdurahman dan Bintaro. 2003. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapan dalam KBK. Universitas Negeri Malang.

Ahmad, Sudrajat. 2008. Konsep PAKEM. (http://.wordpress.com., diakses 3 februari 2009).

Ahmadi dan Saleh Munawar. 2005. Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta. Jakarta

Alam S. 2007. IPS Ekonomi Untuk SMA Kelas X. Jakarta

Dimyati dan Mudijiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

David Ricardo. (1772-1823). IPS Ekonomi Untuk SMA Kelas X. Jakarta

Fuady, Anwar. 2008. Ciri-ciri/ Karakteristik PAKEM. Makalah Ilmu Pendidikan. (http://www.tedcbandung.com/pdf/mjld09.pdf., diakses 3 februari 2009.

Irfan. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif dan Aplikasinya dalam Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. (http://irfan-na.blogspot.com., diakses 25 april 2009).

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim dan Nur. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya. Buku Ajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contekstual Teaching And Learning/CTL) dan Penerapannya dalan KBK. IKIP Malang. Universitas Negeri Malang

Purwanto M.Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosda Karya Bandung

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Starawaji, 2009. Pengertian Evektivitas. Makalah Ilmu Pendidikan, (dikases 1 Mei 2009). http://www.wordpres.com.,

Nenden, Sundari, dkk. 2008. Penerapan PAKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. (Cukil-n@ Telkom.net atau wanlist [email protected]. dikases 1 Mei 2009).

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta. Jakarta

Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar, PT. Grafindo, Persada Jakarta.

Sagala. 2003. Proses Pembelajaran. Jakarta

Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukstivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Taslimuharom, T. 2008. Metodelogi PAKEM. (http://.wordpress.com., diakses 3 februari 2009).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.