UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELAS VII SMP SWASTA NUJUMUSH SHAGHIRAH ACEH UTARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEADS-TOGETHER)
Sari
Seorang tenaga pendidik diwajibkan memiliki strategi pembelajaran dalam mengaktifkan kegiatan belajar mengajar peserta didik atau dalam hal ini siswa. Salah satunya adalah melalui Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran siswa Kelas VII SMP Swasta Nujumus Shaghirah Dewantara melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swast Nujumus Shaghirah Dewantara yang berlangsung dari tanggal 29 Mei 2012. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 26 siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah data hasil belajar siswa, data hasil observasi dan data respon siswa. Setelah semua data terkumpul dianalisis dengan indeks dan persentase. Hasil analisis data yang diperoleh adalah peningkatan hasil belajar siswa tergolong pada kategori sedang, aktivitas siswa termasuk kategori baik, aktivitas guru termasuk kategori baik dan siswa juga memberikan respon yang baik. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa di SMP Swasta Nujumus Shaghirah Dewantara. Hasil pengolahan data diperoleh tes hasil belajar siklus I dengan siswa 17 orang siswa dengan persentase 65,38% dan tes hasil siklus II dengan jumlah siswa 23 orang siswa dengan persentase 88,46% berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa SMP Swasta Nujumus Shaghirah Dewantara setelah diajarkan dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar pada materi kegiatan ekonomi masyarakat telah menggambarkan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), secara umum (85%) siswa yang mengikuti pelajaran dengan menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merasa senang terhadap kegiatan pembelajaran dan (95%) siswa sangat berkeinginan untuk mengikuti pembelajaran berikutnya dengan menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Metode NHT
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anita Lie (2004) Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.
Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia
Anas Sujiono, (2004) Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arends, (1997). Classroom Instruction and Management. New Jersey: The Mc.Graw Hill Companies, Inc
Balitbang, (2006) Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas, (2007). Kurikulum Berbasis Kompetensi Sosiologi SMU. Jakarta
Darsono, (2002). Peranan Metode Pembelajaran di Sekolah. Andalas Putra, Jakarta
Gulo, (2004) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Kasbolah, (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kessler, Carolyn. (2002) Cooperative Language Learning: A Teacher’s Resource Book. New Jersey: Prentice Hall Regents
Mulyasa, (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remadja Rosda Karya
Muhibbin Syah, (1995) Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Rosda Karya
Nurhadi, (2004) Kurukulum(Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia
Poerwadarminta, (2005). Dasar-dasar Kependidikan, Angkasa Raya, Jakarta
Roestiyah, (2001). Strategi Belajar Mengajar (Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar : Teknik Penyajian). Jakarta: Rineka Cipta
Suparno, (2004). Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Sardiman (2003) Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Guru, Armico, Bandung
Suprihartoyo dkk, 2009, Ilmu Pengetahuan Sosial 1 : untuk SMP dan MTs Kelas VII, Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Suhaida Abdul Kadir, (2002). Perbandingan Pembelajaran Kooperatif dan Tradisional Terhadap Prestasi, Atribusi Pencapaian, Konsep Kondisi Akademik dan hubungan Sosial Dalam Pendidikan Perakaunan. Malaysia: Universiti Putra Malaysia.
Usman H.B, (2003). Jurnal Ilmu Pendidikan (meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep Limit Fungsi Satu Variabel real Melalui Pembelajaran Kooperatif). Malang: Universitas Negeri Malang.
(http://www.naskahakademik.net, 3 Maret 2011)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.