ACADEMIC SUPERVISION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V DI SD NEGERI 2 KARANG ANYER LANGSA TAHUN AJARAN 2017/2018

Mardian .

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalahuntuk mengetahui peningkatan kompetensi peningkatan pedagogik guru kelas V melalui supervisi akademik di SD Negeri 2 Karang Anyer Kecamatan Langsa Baroe Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakansekolah (schoolaction research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah guru kelas V di SD Negeri 2 Karang Anyer Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model academic supervision dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bagi guru kelas V di SD Negeri 2 Karang Anyer Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, school action research, academic supervision.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Z. 2017. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif).Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, & dkk. 2008. Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Zakiah. 1995. Metodik khusus pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sri Anitah W, dkk. 2007. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta, Universitas Terbuka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.