STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI TANJONG DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Muhammad Afridhal

Sari


ABSTRAK

. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan usaha, Roti Tanjong di kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan analisis Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha adalah adalah  perbaikan sarana dan prasarana produksi dan sumber daya manusia, sedangkan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan industri   rumah tangga roti tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen  berdasarkan  analisis  matriks QSP didapatkan hasil bahwa  perbaikan  sarana dan  prasarana produksi, dan sumber daya manusia serta penanaman modal swasta akan berhasil dengan   adanya dukungan dari pemerintah.

Kata Kunci : Roti Tanjong, Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus Santoso. (2008). Strategi Pengembangan Bisnisusaha Kecil Menengah (Studi Kasus Di UKM Kambing Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi Agribisnis. Institut Pertanian Bogor.

Damanik, S. 2008. Strategi Pengembangan Agribisnis Kelapa (Cocos nucifera) untuk Meningkatkan Pendapatan Petani di Kabupaten Indragiri Hilir Riau. http://perkebunan.litbang.deptan.go.id. Diakses 15 November 2008.

David, F R. 2004. Manajemen Strategis Konsep­Konsep. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

David, Fred R., 2003, Manajemen Strategis : Konsep-konsep, Edisi Kesembilan, Penerjemah Kresno Saroso, 2004, Penerbit PT Indeks, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI., 2006. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara Karya Aksara. Jakarta.

Doyle, E. 2007. Microbial Food Spoilage — Losses and Control Strategies. University of Wisconsin, Madison.

Dunford, N. 2005. Foods, Health, and Omega-3 Oils. Oklahoma State University, Oklahoma.

Hunger, J. David and Thomas L Wheelen. 2003. Manajemen Strategis.Penerbit Andi. Yogyakarta.

Hetzel, S dan and Tony, S. 2007. Melonjak dari SWOT: Empat Pelajaran Setiap Rencana Strategis Harus Tahu. AI Practitioner : International Journal of AI Praktek Is The Best. www.innovationpartners.com. Diakses 24 Juli 2009.

Ine Madinatul M. 2003. Strategi Pengembangan Perusahaan Roti Hawai Bakery Di Kota Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume I. Universitas Brawijaya.

Jatmiko, 2005. Industri Kecil : Sebuah Tinjauan dan Perbandingan. LP3ES. Jakarta.

Natelda R. Timisela.(2007). Analisis Usaha Sagu Rumahtangga Dan Pemasarannya. Jurnal Agroforestri Volume I

Nurul Laela Fatmawati. (2009). Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe Di Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. Skripsi Agribisnis. Universitas Sebelas Maret.

Rahardi, D. 2008. SWOT Analysis Pengertian dan Tujuan. http:// dickyrahardi.com/. Diakses 20 Oktober 2008.

Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Venty Hardiyanti Mas ,M.R Yantu ,Dafina Howara. (2013). Prospek Pengembangan Usaha Pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “Ohara” Kota Palu. E-J. Agrotekbis 1 (1) : 100-108,

Wahyuniarso Tri D S. (2013). Stategi Pengembangan Industri Kecil Keripik Di Dusun Karangbolo Desa Lerep Kabupaten Semarang. Skripsi Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Semarang.

Yoga Rike Meysiana. (2010). Strategi Pengembangan Industri Kecil Tahu Di Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen. Skripsi Agribisnis. Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.