ANALISIS KELAYAKAN USAHA IKAN HIAS DI GAMPONG PAYA CUT KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Hasnidar .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan di Gampong Paya Cut Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha penjualan ikan hias di Gampong Paya Cut Kecamatan Peusangan  Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, BEP,  R/C Ratio, B/C Ratio dan ROI. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa usaha agribisnis ikan hias Bapak Rahmat di Gampong Paya Cut Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen menguntungkan, dengan total keuntungan adalah sebesar Rp. 1.805.361/bulan. Dari besarnya keuntungan yang diperoleh Bapak Rahmat dan berdasarkan perhitungan nilai BEP diperoleh BEP produksi 639 ekor, BEP harga Rp. 3.195 /ekor, nilai R/C rasio sebesar 1,57, nilai B/C rasio sebesar 0,57, dan nilai ROI sebesar 56,51%, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha agribisnis ikan hias Bapak Rahmat di Gampong Paya Cut Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen layak untuk diusahakan.

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Usaha Penjualan Ikan Hias


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustien, 2010. Analisis Prospektif Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar di Taman Akuarium Air Tawar (Taat) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Jurnal

Badan Pusat Statistik, 2014. Bireuen Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen.

Dermawan I., 2006, Budidaya Ikan Hias Air Tawar Populer, PT Pnebar Swadaya, Jakarta

Handayani R., 2009, Preferensi Konsumen terhadap Ikan Hias (Skripsi Jurusan sosial ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kalautan. IPB Bogor.

Harahap, Sofyan, Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Imron, 2008. Pengantar Bisnis Budidaya Ikan Hias, Jakarta: Swadaya.

Kusnadi. 2006. Kesejahteraan Nelayan, Yogyakarta: PT Prehalindo.

Mantau, 2008. Analisis Finansial Produksi Benih Ikan Kue Gonathanodon Speciosus Forsskal dengan Padat Penebaran Berbeda dalam Hatchery Skala Rumah Tangga di Kecamatan Gerokgak Buleleng Bali. Jurnal.

Prasetya, P. 2010. Ilmu Usahatani II. UNS Press. Surakarta.

Purwantiningdyah, D.N. 2006, Faktor Internal Dan Eksternal yang Mempengaruhi Tingkat Penerapan Teknologi dan Dampaknya Terhadap Produktivitas dan Pendapatan Pada Usahatani Padi Sawah. Bandung. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.

Rahim dan Hastuti, 2007. Metode Analisis Pendapatan. Penebar Swadaya. Jogyakarta.

Sadono, 2012. Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Rajawali. Press: Jakarta

Septiana, 2013, Manajemen Pengembangan Agribisnis Pembesaran Ikan Cupang di Kelurahan Ketami Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Jurnal

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press: Jakarta.

Subagyo. 2007. Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFEUGM.

Sugiarto. 2010. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Surya. 2008. Manaiernen Kinerja. Edisi ketiga. Kompas Gramedia Group. Jakarta

Yusuf, Q. 2006. Empowerment of Panglima Laot in Aceh. International workshop on Marine Science and Resource. Banda Aceh, 11-13 March, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.