ANALISIS USAHA ANYAMAN DAUN RUMBIA DI GAMPONG COT TUFAH KECAMATAN GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN

Elvina .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Anyaman Daun Rumbia Bapak Asnawi di Gampong Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan pada Bulan Maret-April tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntunganUsaha Anyaman Daun Rumbia di Gampong Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen dan Kelayakan Usaha Anyaman Daun Rumbia di Gampong Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (Case Study) dengan mengadakan pengamatan langsung di lapangan, mencari informasi awal tentang Usaha Anyaman Daun Rumbia di Gampong Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen yang akan dijadikan responden. Data yang dikumpulkan di lapangan dianalisis dengan menggunakan metode analisis kuantitatif. Data yang dianalisis meliputi data biaya tetap, biaya variabel, dan data Pendapatan kemudian ditabulasikan dan dipindahkan ke dalam bentuk tabelaris sesuai dengan kebutuhan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata pendapatan pada Usaha Anyaman Atap Daun Rumbia milik Bapak Asnawi adalah Rp.252.000.000/tahun dengan biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 115.227.500/tahun. Biaya produksi tersebut terdiri dari biaya tetap sebesar Rp. 8.327.500 dan biaya tidak tetap sebesar Rp.106.900.000. Dari hasil analisa data, didapatkan bahwa keuntungan yang diperoleh pada Anyaman Atap Daun Rumbia milik Bapak Asnawi sebesar Rp. 136.772.500/tahun. Berdasarkan perhitungan kelayakan usaha (B/C), yaitu perbandingan total pendapatan dengan total biaya produksi yang lebih besar dari satu, yaitu memiliki angka perbandingan 1,19,  atau 1,19 >0, maka dapat disimpulkan bahwa usaha Anyaman Atap Daun Rumbia milik Bapak Asnawi ini dapat dikatakan menguntungkan dan layak dijalankan..

Kata Kunci   :    Analisis Usaha, Anyaman Daun Rumbia,  Kelayakan Usaha, dan Home Industri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amsyah, Zulkifli. 2008. Manajemen Sistem Informasi. PT. Gramedia Pustaka. Utama. Jakarta.

Aryani, 2014. Analisis usaha industri anyaman bambu di kecamatan sukoharjo kabupaten sukoharjo. Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitriasari, 2006. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Giatman, M., 2006.Ekonomi Teknik. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Halim, Abdul dkk. 2005. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Hidayatullah, 2011. Analisis Keuntungan Usaha Anyaman Anyaman Enceng Gondok di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Volume 32 Nomor 3, Oktober 2011 Halaman 315-325. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai

Husin, A. A. 2007. Pemanfaatan Limbah Untuk Bahan Bangunan. http://www. kimpraswil.go.id/balitbang/puskim. (Diakses pada tanggal 29 Februari 2016)

Husin dkk, 2013. Analisis Usaha Anyaman Rotan di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Universitas Riau

Kartono, Kartini &Gulo, Dali. (2007). Kamus Psikologi. Bandung: CV. Pionir. Jay

Krista. 2005. Analisis Biaya dan Laba. Jakarta: Salemba Empat

Kuswadi. 2005. Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mahmud M, Hanafi. dan Abdul Halim, 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi KeEmpat, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Nafarin, M. 2007. Penganggaran Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Rahardjo, 2007. Ekoturisme berbasis masyarakat dan pengelolaan sumber daya alam. Pustaka Latin : Bogor.

Ristono, Agus & Puryani, 2011. Ekonomi Teknik. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Jakarta : UI Press.

Susanta, 2007. Panduan Lengkap membangun rumah. Penebar Swadaya : Jakarta

Witjaksono, Armanto. 2006. “Akuntansi Biaya”, Graha Ilmu : Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.