STRATEGI PEMASARAN USAHA KERUPUK LIPAT PADA UD. SINAR JAYA BARU DI GAMPONG PADANG KASAB KECAMATAN PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN

Dian Safitri, T. M. Nur

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada usaha kerupuk lipat UD.Sinar Jaya Baru di Gampong Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran kerupuk lipat pada UD.Sinar Jaya Baru di Gampong Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen dan untuk mengetahui strategi pemasaran kerupuk lipat pada UD.Sinar Jaya Baru di Gampong Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah ketersediaan bahan baku, sedangkan kelemahannya adalah promosi. Berdasarkan hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasi peluang utamanya adalah luasnya potensi pasar dan ancamannya adalah munculnya produk sejenis dan kondisi cuaca. Berdasarkan hasil analisis SWOT, pemasaran kerupuk lipat  akan tepat apabila melakukan strategi Growth oriented, yaitu merupakan strategi pertumbuhan yang berorntasi untuk mendapatkan menguntungkan. Usaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kerupuk Lipat, SWOT.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofyan. (2008). Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Buruji, Evandi, dkk. 2013. Strategi pemasaran keripik pisang keju di UKM Qalifa Kota Gorontalo. Gorontalo

David, Fred R. 2010. Strategic Management. Manajemen Strategis. Edisi Keduabelas, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Iqbal, M. 2012. Definisi Agroindustri. Jakarta: Erlangga

Kejino.2012. Agroindustri dan Agribisnis. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Nugraha, Angipta. (2011). Strategi Pemasaran Keripik Tempe.Batu retno, Wonogiri.

Putri, Darmawanti, dkk. Strategi Pemasaran Keripik Pisang. Cilongok. Bayumas

Rahmady Radiany dan Andi Sularso. 2007. Konsentrasi Pemasaran. Surabaya: Badan Penerbit Mahardhika.

Rangkuti, Freddy (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Soekartawi. 2006. Pengantar Teori Agroindustri. PT. Raja GrafindoPersada. Jakarta.

Umikalsum.R.A.Strategi Pemasaran Usaha Industri Keripik Singkong Skala Rumah Tangga. Seberang Ulu II. Palembang.

Yumanda, Syahreza. (2009). Strategi Pemasaran Keripik Singkong Industry Rumah Tangga Cap Kelinci.Morawa, Deli Serdang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.