ANALISIS PROFITABILITAS USAHA SUSU KEDELAI UD. PENGESTU DI DESA KEUDE MATANG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Rahmawati Rahmawati, Elfiana Elfiana

Sari


Penelitian ini dilakukan di Desa Keude Matang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen pada usaha susu kedelai UD. Pengestu milik Bapak Sujati, yang dilaksanakan padabulan Oktober 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas usaha susu kedelai  UD. Pengestu di Desa Keude Matang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, penerimaan, keuntungan dan profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa total biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha susu kedelai yaitu sebesar Rp. 7.388.722,-/bulan, penerimaan yang diperoleh sebesar Rp. 11.250.000,-/bulan, dan keuntungan sebesar Rp. 3.861.278,-/bulan. Selanjutnya dari hasil analisis juga diketahui bahwa nilai profitabilitas yang diperoleh Usaha Susu Kedelai adalah 52,26 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha susu kedelai UD. Pengestu Desa Keude Matang Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen mempunyai nilai profitabilitas yang cukup.

Kata kunci :Analisis Profitabilitas, Usaha Susu Kedelai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisarwanto, T. 2008. Budidaya Kedelai Tropika. Penebar Swadaya. Jakarta.

Andini.2009. Analisis Profitabilitas Serta Nilai Tambah Usaha Tahu Dan Tempe (Studi Kasus di Kecamatan Tegal Gundil dan Cilendek Timur Kota Bogor). (Skripsi).Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian. Bogor.

Badan Pusat Statistik (BPS) 2016. Luas Tanam, Luas Panen, Produktivitas dan Produksi Tanaman Kedelai di Kabupaten Bireuen.

Cahyadi, W. 2007.Kedelai Khasiat dan Teknologi.Bumi Aksara. Jakarta.

Cyntia.Rumambi.2009. Analisis Keuntungan Industri Susu Kedelai UD. Tiga Bersaudara Di Kelurahan Taas Kecamatan Tikala Baru.Jurnal. Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, UNUD. (ISSN : 2503-488X, Vol 5, No 1, Maret 2009 (105-119))

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM. 2016. Rincian Home Industri Produk Minuman Skala Kecil Menengah di Kabupaten Bireuen.

Erniwati.2015. Analisis Profitabilitas Usaha Olahan Cokelat pada Industri Rumah Tangga “Sa’adah Agency” di Kota Palu.(Skripsi).Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu.

Harahap, Sofian, Safri, 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta : Rajawali Persada

Hardjanto, W. 2006.Bahan Kuliah Manajemen Agribisnis. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Pariyatna.2016. Analisis Profitabilitas Usaha Kacang Goyang Pada Industri Prima Rasa Di Kota Palu.Jurnal. Fakultas Pertanian Universitas Tadulako Palu. e-J. Agrotekbis 4 (3) : 356 - 360, Juni 2016 ISSN : 2338-3011.

Prasetya, P. 2010. Ilmu Usahatani II. UNS Press. Surakarta.

Purwantiningdyah, D.N. 2006, Faktor Internal Dan Eksternal yang Mempengaruhi Tingkat Penerapan Teknologi dan Dampaknya Terhadap Produktivitas dan Pendapatan Pada Usahatani Padi Sawah. Bandung. ProgramPascasarjana Universitas PadjadjaranBandung.

Radiyati, T, 2012. Pengolahan Kedelai. Subang :l; BPTTG Puslitbang Fisika Terapan-LIPI.

Sadono, 2007. Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Rajawali. Press: Jakarta

Soekartawi.2006. Agribisnis Teori dan Aplikasinya.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiarto. 2010. Ekonomi Mikro Suatu Pendekatan Praktis. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Surya. 2008. Analisis Pendapatan Usaha Tani. http://www.blogspot. Diakses [tanggal 25 April 2017].


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.