STRATEGI PEMASARAN KELAPA GONSENG (U NEULHEU) DI GAMPONG COT PU’UK KECAMATAN GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN

Putri Wahyuni

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Cot Pu’uk Kecamatan Gandapura  Kabupaten Bireuen pada Bulan September 2017.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menyusun strategi pemasaran kelapa gonseng (u neulheu) di Gampong Cot Pu’uk Kecamatan Gandapura  Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah produk berkualitas dan tanpa bahan kimia, sedangkan kelemahan utama adalah modal terbatas. Hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utama adalah permintaan konsumen kontinu dan ancaman utama adalah berdirinya usaha yang sejenis.Dari hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk melakukan pemasaran kelapa gonseng (U Neulheu) di Gampong Cot Pu’uk Kecamatan Gandapura  Kabupaten Bireuen adalah menggunakan strategi growth oriented yangmendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yaitu dengan cara memaksimalkan kekuatan internal untuk memanfaatkan dan merebut peluang eksternal melalui kegiatan pemasaran untuk memperoleh keuntungan guna mencapai pertumbuhan usaha kelapa gonseng  yang berkelanjutan.

Kata kunci :Strategi Pemasaran, kelapa gonseng (u neulheu).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arpi, N. 2013. Profil Medium Chain Fatty Acids (MCFA) dan Sifat Kimia Minyak Kelapa (Virgin Coconut Oil/VCO, minyak simplah, pliek u, klentik, dan kopra) dibandingkan dengan minyak sawit. Sagu, Agricultural Science and Technology Journal (Univ. Riau) (2013) 12:23-31

Badan Pusat Statistik. 2012. Statistik Indonesia.

BPS. 2016. Komposisi dan Produktivitas Perkebunan Rakyat Tanaman Kelapa. Kabupaten Bireuen dalam Angka

FAO. 2010. Food and Agricultural Organization of the United Nations. Economic and Social Department. Statistic Division.

Fitriani. 2007. Penambahan antioksidan (tokoferol, lesitin dan asam askorbat) untuk memperbaiki karakteristik kelapa sangrai giling (u neulheu) selama penyimpanan. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Darussalam, Banda Aceh.

Kotler. 2012. Marketing. Jilid I. Erlangga. Yogyakarta.

Kurniasih, Eka. 2016. Penerapan Metode Fermentasi Untuk Peningkatan Pengolahan Buah Kelapa Menjadi Minyak Kelapa Murni (VCO). JurnalJurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Lhokseumawe

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Miliyoso, dkk. 2007. Analisis Strategi Pemasaran Produk Nata De Coco (Studi Kasus di CV. Graha Agri Industri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Jurnal MPI Vol. 2 No. 2. September 2007.

Mubyarto. 2009. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi 111, LP3S: Jakarta.

Prathapan, A dan T. Rajamohan. 2011. Antioxidant and Antithrombotic Activity Of Tender Coconut Water In Experimental Myocardial Infarction. Journal of Biochemistry (2011) 35:1501-1507.

Pravasta. 2013. Strategi Pemasaran Gula Kelapa di Kabupaten Klaten. Jurnal. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Puspitadewi. 2008. Teori Produksi. http://www.library.ohiou.edu. Diakses (09 Maret 2017)

Rahayuningsih, 2013. Strategi Pemasaran Buah di UD. Wika Mitra Desa Kerobokan Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol 13, No. 2, Juli 2013.

Rangkuti. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia. Pustaka Utama Jakarta.

Soekartawi. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jakara.

Supranto dan Nandan. 2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Swastha dan Handoko, 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.