DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN TERHADAP PRODUKSI PADI SAWAH DI KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEAN BIREUEN

Anne Shabriani

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada bulan Juli 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak alih fungsi lahan terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi linear sederhana dan wawancara dengan responden menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sejumlah petani yang tinggal di desa yang pernah melakukan alih fungi lahan sawah sebanyak 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alih fungsi lahan berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Juang

 

Kata Kunci : Dampak Alih Fungsi Lahan, Produksi Padi Sawah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anandhio Prayuga. 2017. Analisis dan Dampak Laju Alih Fungsi Lahan di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. [skripsi]. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Astuti DI. 2011. Keterkaitan Harga Lahan Terhadap Laju Konversi Lahan Pertanian di Hulu Sungai Ciliwung, Kabupaten Bogor [skripsi]. Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Azwar, S. 2000. Reabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2019. Provinsi Aceh Dalam Angka.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kabupaten Bireuen Dalam Angka.

Badan Pusat Statistik. 2019. Kecamatan Kota Juang Dalam Angka.

Bambang. S. 2005. Aspek Pertanahan Dalam Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian.

http://balittanah.litbang.deptan.go.id/dokumentasi/prosiding/m flp2001/bambangwidjanarko.pdf [8Februari 2020]

Eko Bagus P. 2010. Dampak Alih Fungsi Lahan Terhadap Produksi Padi Sawah. [skripsi]. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Iqbal M, Sumaryanto. 2007. Strategi Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Bertumpu pada Partisipasi Masyarakat. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian. 5(2): 167-182.

Lubis, A, E., 2005. Perencanaan Koorporasi Peningkatan Ketahanan Pangan Di Propinsi Sumatera Utara. Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sumatera Utara, Medan.

Muhammad Dika Y. 2013. Analisis Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian Terhadap Ketahanan Pangan di Kabupaten Bekasi Jawa Barat. [skripsi]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nazir M. 2011. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat. 2003. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan untuk Komoditas Pertanian. Departemen Petanian. Jakarta.

Rahmanto B, Irawan B, Agustin NK. 2006. Persepsi Mengenai Multifungsi Lahan Sawah dan Implikasinya Terhadap Alih Fungsi ke Penggunaan Nonpertanian. Bogor (ID): Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Ruswandi A. 2005. Dampak Konversi Lahan Pertanian Perubahan Kesejahteraan Petani dan Perkembangan Wilayah .[Tesis]. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Soekartawi, 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, 2010. Populasi dan Sampel Penelitian. PT. Prehalindo. Jakarta.

Sudjana. 2006. Metode Statistik. Rineka Cipta. Jakarta.

Sumaryo, S Tahlim. 2005. Pemahaman Dampak Negatif Konversi Lahan Sawah Sebagai Landasan Perumusan Strategi Pengendaliannya. Prosiding Seminar Penanganan Konversi Lahan dan Pencapaian Pertanian Abadi. LPPM IPB. Bogor.

Suparmoko M. 1997. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan: Suatu Pendekatan Teoritis. Yogyakarta.

Utomo. 1992. Alih Fungsi Lahan: Tinjauan Analisis dalam Makalah Seminar Pembangunan dan Pengendalian Alih Fungsi Lahan. Universitas Lampung. Lampung.

Widjanarko et al. 2006. Aspek Pertanahan dalam Pengendaliaan Alih Funsi Lahan Pertanian (Sawah).Prosiding Seminar Nasional Multifungsi Lahan Sawah. Badan Pertanahan Nasional. Jakarta.

Winoto J. 2005. Kebijakan Pengendalian Alih Funsi Tanah Pertanian dan Implementasinya. Prosiding Seminar Penanganan Konversi Lahan dan Pencapaian Pertanian Abadi. LPPM IPB. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.