ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA KUE KEUKARAH DI DESA BUGAK KRUENG MATE KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Usaha Ibu Syarbani)

Elisa Saputri, Saiful Hurri

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bugak Krueng Mate Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, tepatnya pada home industrykue keukarah Ibu Syarbani, yang dilaksanakan pada bulan Januari 2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek pengembangan usaha kue keukarahIbu Syarbani di Desa Bugak Krueng Mate Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen jika ditinjau berdasarkan pendapatan yang diperoleh serta menyusun strategi pengembangan usaha.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis biaya, penerimaan, keuntungan, analisis R/C (Revenue Cost) Ratio,  B/C (Benefit Cost) Ratio dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa total keuntungan yang diperoleh pada usaha kue keukarahIbu Syarbani adalah sebesarRp. 1.848.792,-/bulan dan hasil perhitungan R/C rasio diperoleh nilai sebesar 2,19, B/C rasio sebesar 1,19, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha Kue Keukarah Ibu Syarbani di Desa Bugak Krueng Mate Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuenmemiliki prospek yang cerah untuk terus dikembangkan jika ditinjau berdasarkan pendapatan yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk pengembangan usaha kue keukarahIbu Syarbani di Desa Bugak Krueng Mate Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen adalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara (1) menjaga kualitas produk untuk memikat dan menarik konsumen retail, (2) menjadikan pengalaman untuk merebut potensi pasar melalui kepercayaan konsumen.

 

Kata kunci :Analisis Pengembangan,Usaha Kue Keukarah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Carter, William, 2009. Akutansi Biaya – Buku I Edisi 14.CV. Salemba. Jakarta.

Charles, Horngren. 2008. Biaya Akutansi – Penekanan Managerial Edisi XI Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta.

Dirgantoro. 2009. Manajemen Strategi. Jakarta: PT. Gramedia

Harahap, Sofyan, Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan.PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hernanto, 2012. Ilmu Usahatani. Departemen Sosial Ekonomi. CV. Alfabeta. Bandung.

Jatmiko, R.D . 2008. Pengantar Bisnis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Pamungkas, I. 2016. Competitiveness Produk Kue Karah Khas Aceh. Program Studi Magister Teknik Industri Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Rahardi. 2009. Teori Biaya Produksi. http://www.library.ohiou.edu. Diakses pada 10 Desember 2018.

Rahim dan Hastuti, 2007. Metode Analisis Pendapatan. Penebar Swadaya. Jogyakarta.

Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Soekartawi, 2006.Analisis Usahatani. Rajawali Pers. Jakarta.

Sofia, L. Ariyani. 2009. Analisis Prospek Pengembangan Industri Pengolahan Kerupuk Ikan Patin ”Intan Sari” di Martapura, Kabupaten Banjar. JurnalProgram Studi Agrobisnis Perikanan, FPIK Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Subagyo. 2008. Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFEUGM.

Sudarsono, Heri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Edisi Keempat. Ekonisia.Yogyakarta.

Sukirno. 2007. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Surya. 2008. Manajernen Kinerja. Edisi ketiga. Kompas Gramedia Group. Jakarta.

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia Isu-isu Penting.Jakarta: LP3ES

Venty, H. 2013.Prospek Pengembangan Usaha Pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “Ohara” Kota Palu.Jurnal Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Wijayanti, I. 2006. Prospek Pengembangan Agroindustri Minuman Lidah Buaya di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. JurnalProgram Studi Sosial Ekonomi/Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto-Jawa Tengah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.