ANALISIS PROFITABILITAS USAHA BUBUK KOPI UD. ARASCO DI DESA BLANG COT TUNONG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN

Wahyu Umaya

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Blang Cot Tunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen tepatnya pada usaha bubuk kopi UD Arasco, yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya profitabilitas usaha bubuk kopi UD Arasco. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, penerimaan,keuntungan dan profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa total keuntungan yang diperoleh UD. Arasco adalah sebesar Rp.100.952.111,-/bulan dan nilai profitabilitas 66,61%, sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha bubuk kopi UD. Arascodi Desa Blang Cot Tunong Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen mendapatkan keuntungan dengan nilai profitabilitas kategori cukup.

Kata kunci :Analisis Profitabilitas, Usaha Bubuk Kopi UD. Arasco

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algery, Andry. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Dan Harga Saham Terhadap Praktek Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Universitas Negeri Padang

Boediono, Gideon. 2005. Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VIII Solo.

Budi, Sctyo. 2015. Profitabilitas Usaha Ternak Itik Petelur di Desa Kebonsari Kecamatan Candi, Sidoarjo.Jurnal. Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian. UPN “Veteran” Surabaya.Vol.I No. l Januari 2015.

Dharma, Surya.2009. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Haloho, R. Dameria. 2013. Analisis Profitabilitas pada Usaha Peternakan Sapi Perah di Kabupaten Semarang.Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang.JurnalPengembangan Humaniora. Vol. 13 No. 1, April 2013.

Hamni, A., Gusri, A., Suryadiwansa, Yanuar, B.,dan Tarkono. 2013. Potensi Pengembangan Teknologi Proses Produksi Kopi Lampung.Universitas Lampung. Lampung.Jurnal Mechanical 4 (1).

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Teori Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara

Haryono, B dan Kurniati, D. 2013. Seri Tanaman Baku Industri Kopi. Jakarta: Trisula Adisakti.

Kieso, Weygandt, dan Warfield. 2011. Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua Belas, Erlangga, Jakarta.

M. Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan.Penerbit Salemba4. Jakarta

Mulyadi, 2005.Akutansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPPAMP YKPN Universitas Gajah Mada

Panggabean, Edy. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta Selatan: PT Agro Media Pustaka.

Samuelson dan Nordhaus, 2003.Ilmu Makroenomi,.McGraw-Hill. Media Global Edukasi

Skousen, Stice. 2010. Akuntansi Keuangan, Buku I Edisi 16. PT Raja Jakarta: Grafindo Persada.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.