ANALISIS KELAYAKAN USAHA AGROINDUSTRI TAHU PADA UD. ACEH SETIA DI DESA COT GAPU KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Nurmasyitah Nurmasyitah, Zuriani Zuriani

Sari


Penelitian ini dilaksanakan pada UD. Aceh Setia di Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2017.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Usaha Agroindustri Tahu Pada UD.Aceh Setia di Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, penerimaan, keuntungan, analisis BEP, R/C Rasio dan B/C Rasio. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa besarnya keuntungan yang diperoleh dari usaha Tahu UD. Aceh SetiaDesa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen adalah Rp. 255.547.167,-/tahun. Dari perhitungan nilai BEP, nilai R/C dan nilai B/C dapat disimpulkan bahwa usaha Tahu UD. Aceh Setia Desa Cot Gapu Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen layak untuk diusahakan.

 

Kata kunci : Analisis Kelayakan, Agroindustri Tahu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga, Panji, 2006. Psikologi Kerja.Rhneka Cipta Jakarta.

Assauri, Sofyan. 2007. Ilmu Ekonomi Teori Produksi. Universitas Indonesia, Jakarta.

Bambang, S. 2008. Pengantar, Teori, dan Kasus. Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Djamhari, Choirul. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Sentra UKM Menjadi Klaster Dinamis. Jurnal Pengkajian Koperasi Dan UKM.

Hadi, Sutrisno, 2006, Metodologo Research II Yogyakarta: Andi Offset.

Ibrahim, Yacob, H. M. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PT. Rineka. Cipta, Jakarta

Kartasapoetra. 2007. Data Envelopment Analysis (DEA): Konsep Dasar dalam Metodologi Empiris DataEnvelopment Analysis (DEA).Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.Kasmir dan Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2. Kencana: Jakarta.

Kunarjo, 2006.Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan. UI Press, Jakarta

Lasena, 2013. Analisis Keuntungan Pengrajin Tahu. JurnalUniversitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mankiw, G. N. 2007. Teori Mikro Ekonomi Edisi Keenam. Erlangga: Jakarta

Mubyarto. 2009. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta:Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan ekonomi dan Sosial (LP3ES) Edisi ke-3.

Rahardja, Manurung. Analisis Faktor-faktor Produksi Usaha Tempe: StudiKasus Di Kota Bogor. ProvinsiJawa Barat [Skripsi]. Bogor: InsitutPertanian Bogor. FakultasPertanian; 2006.

Rahim, A. dan Hastuti, D.R.D. 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta.

Rini, Apriliana.2008.Analisis Usaha Industri Tahu Skala Rumah Tangga Di Kabupaten Sukoharjo.Masters thesis, universitas sebelas maret.

Soeharjo dan Patong, 2006.Sendi-Sendi Pokok Usaha Tani.Departemen Ilmu Sosial Ekonomi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Soekartawi, 2006. Prinsip Ekonomi Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.

Soekartawi. 2009. Teori Ekonomi Produksi. Penerbit: Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Subagyo, P. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka.Cipta. Jakarta.

Sukirno. 2010. Pengantar Teari Ekonomi Mikro. Penerbit: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Suratiyah, K. 2009.Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya

Surya, 2009. Manajemen Kinerja. Cetakan Ketiga. Penerbit Pustaka. Pelajar : Yogyakarta.

Utari, 2014.Analisa Usaha Pengrajin Tahu Tempe Di Kota Bengkulu.Jurnal Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Bengkulu. Prosiding Semnas FAI 2012 ISBN:978-602-18810-0-2

Winarno F.G, 2008. Pengantar Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, Yogyak


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.