FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP KANGKUNG DARAT/ CABUT DI PASAR KOTA BIREUEN
Sari
Penelitian ini dilakukan di pasar kota Bireuen, dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap kangkung darat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2016.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda.Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen sayur kangkung darat di pasar kota Bireuen sebanyak 30 orang responden yang berbelanja selama penelitian ini dilakukan dan didasarkan dari hasil pencatatan langsung peneliti pada pasar kota Bireuen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa permintaan konsumen terhadap kangkung darat di pasar kota Bireuensecara simultan dipengaruhi oleh faktor harga kangkung darat, harga kangkung air, pendapatan konsumen dan selera konsumen, dikarenakan diperoleh nilai uji sig F lebih kecil dari α. Dari hasil analisis secara parsial, hanya variabel harga kangkung darat, harga kangkung air dan selera konsumen yang berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumen terhadap kangkung darat di pasar kota Bireuen, dikarenakan diperoleh nilai uji sig t dari masing-masing faktor lebih kecil dari α.
Kata kunci : Analisis Faktor-Faktor, Permintaan Kangkung Darat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adeline. 2011. blogspot. com/2011/10/mudah mengantuk - karena - kangkung . html
Ameriana. 2014. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Dalam Mengkonsumsi Cabai Merah, Kabupaten Bogor, Jawa Tengah, Skripsi Progam Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Institut Prtanian Bogor.
Engel J.F, Roger D, Blackweell dan Paul W.M. 1994. Perilaku konsumen Binarupa Aksara, Jakarta.
Fredikurniawan. 2016. Karifikasi dan Morfologi Tanaman Kangkung.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Edisi.Keempat .Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.
Harian Jurnal Asia. 2015. Budidaya Organik Kangkung Darat.
Hasym.H, 2008.Pemulian tanaman.Usu - Press, Medan.
Hasibuan, T.N. 2008. Analisis Faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen akan sayuran. Skipsi Fakultas Pertanian USU, Medan.
Muhammad. Reza.Harahap. 2014. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Sayuran Organik " Studi
kasus : konsumen sayuran organik di Kota Medan . Skripsi , Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian , Universitas Riau Pekanbaru.
Muhammad. Arif. A. 2012. Jurnal Perilaku Konsumen, blogspot .com / 2012/ 12/ jurnal perilaku konsumen 3950. html
Pracaya. 2005. Bertanam sayuran di kebun, pot dan polibeg. penebar Swadaya, Jakarta.
Rudyprasdianata. 2013. Budidaya tanaman kangkung yang baik. blogspot. com.
Rahimahrima. 2011. Penerapan permintaan dan penawaran. blogspot.com.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sunarjono. 2004. Bertanam 30 Jenis Sayur. Penebar Swadaya, Jakarta.
Saragih. 2008. Pertanian Indonesia .Gramedia : Jakarta . Halaman : 106
Tjiptono, Fandy. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta. PT Gramedia.
Widia, Efend. 2012. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Harga Sayuran , Studi kasus di pasar Padang Luar Kabupaten Agam. Skripsi. Program Studi Manajemen Produksi Pertanian Jurusan Budidaya Tanaman Pangan Politeknik Pertanian Universitas Andalas Payakumbuh 2012.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.