STRATEGI BAURAN PEMASARAN PENGGILINGAN SAGU SEBAGAI PAKAN TERNAK DI GAMPONG IMBUDE KECAMATAN KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN

Darmiyanti Darmiyanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran penggilingan sagu sebagai pakan ternak di gampong Imbude kecamatan Kutablang kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilaksanakan di desa Juli Mee Teungoh Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Data dianalisis menggunakan analisa SWOT.Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah Potensi Sumber Daya Alam Sagu, sedangkan kelemahan utama adalah tidak adanya promosi. Peluang utama adalah adanya lembaga simpan pinjam.Berdasarkan hasil analisis SWOT, pemasaran sagu pakan akan tepat apabila  melakukan strategi Diversifikasi, Hal ini menunjukkan bahwa meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).

 

Kata Kunci :Analisis, SWOT, dan Bauran Pemasaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamzah, I. 2011. Faktor Penentu Kinerja Penyuluh Pertanian di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Tesis, Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembangunan, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, edisi millennium, jilid 1. PT. Prenhalindo, Jakarta. (p529-p534)

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia,Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, , 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Muameing, 2009. Strategi Pemasaran Jagung Di Kabupaten Bantaeng (Strategy of Maize Marketing in Bantaeng Regency).

Palungkun, R. 2001. Aneka Produk Olahan Kelapa, Cetakan ke Sembilan, Penebar Swadaya, Jakarta.

Permana dkk, 2013. Bauran Pemasaran Bunga Krisan Pada Kelompok Usaha Bersama Manik Mekar Nadi Di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem

Radiosunu. 2001. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Analisis. Edisi 2. Yogyakarta.

Ramlan, 2010. Strategi Pengembangan Nilai Tambah Jagung Di Kabupaten Pohuwato.

Rhenald Kasali. 2006, Membidik Pasar Indonesia (segmentasi, targeting,positioning), PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Radiosunu, 2001. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Analisis, Edisi Kedua,. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Yohanis, 2011. Strategi Pengembangan Tanaman Kedelai Untuk Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Di Kabupaten Keerom Provinsi Papua.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.