ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA SELEDRIDI DESA MANE TUNONG KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Studi Kasus Usaha Seledri Yusmiati)

Tirihan Asari

Sari


Penelitianinitelahdilaksanakanpadausahabudidayadaun seledri di desa Mane Tunong Kecamatan Muara Batu Kabuapaten Aceh Utara yang dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dari usaha budidaya daun seledri Yusmiati di Desa Mane Tunong Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu dengan analisis biaya produksi, pendapatan, keuntungan, Break Even Point(BEP) serta Revenue/Cost Ratio. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa total penerimaan yang diperoleh pada usaha daun seledri milik ibu yusmiati di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara selama satu tahun (sembilan puluh enam kali panen) yaitu sebesar Rp. 57.600.000, Keuntungan bersih yang diterima setelah pembayaran upah tenaga kerja 10% yaitu sebesar Rp. 33.347.000,-/tahun. Total keuntungan yang diperoleh pada usaha seledri di Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara  mempunyai nilai yang lebih besar. Berdasarkan perhitungan kelayakan usaha (R/C), yaitu perbandingan total penerimaan dengan total biaya produksi yang lebih besar dari satu, yaitu memiliki angka perbandingan 2.37,  atau 2.37 > 1, maka dapat disimpulkan bahwa usaha budidaya seledri ini dapat dikatakan menguntungkan dan layak dijalankan.

 

Kata kunci : Analisis Kelayakan Usaha, Seledri, Home Industri.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Komaruddin. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Investasi dan Portofolio. Edisi ketujuh. Jakarta: Rineka Cipta.

Armanto Witjaksono, 2006, “Akuntansi Biaya”, Graha Ilmu : Yogyakarta.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama. Jakarta. Penerbit : Mitra Wacana Media.

Carter, William K dan Milton F. Usry, 2006. Akuntansi Biaya, diterjemahkan oleh. Krista, Edisi Ketiga Belas, Buku 1, Penerbit Salemba Empat

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Gorys Keraf, 2006. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Halim dan Hanafi. 2010. Analisa Belanja: Dasar-dasar Perhitungan dalam Keputusan Keuangan. Cetakan Kedua. Penerbit Bina Aksara. Jakarta.

Hansen, Don R. dan Maryanne, M. Mowen. 2006. Management Accounting. Edisi ketujuh. Diterjemahkan oleh: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Harahap, 2007. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, edisi Pertama, cetakan ketiga,. Penerbit : Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Http://alamtani.com (diakses pada tanggal 20 Agustus 2016)

Kieso, Weygandt, dan Warfield, 2011. Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua Belas, Erlangga, Jakarta.

Mulyadi. 2006. Akuntansi Biaya, STIE YKPN, Jakarta.

Mulyadi, 2009. Akuntansi Biaya, Edisi ke-5 cetakan kesembilan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Rahman, Aulia. 2008. Analisa Kelayakan Usaha Pengolahan Gula Aren Oleh Masyarakat Pengrajin Di Gampong Bekoso Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser.

Rivaldi, 2015. Analisis Pendapatan bersih Usaha Pupuk Organik Di Perusahan CV.Argoniaga Mandiri Kecamatan Bintauna.

Sadono Sukirno, 2006. Ekonomi Pembangunan Proses masalah dan Dasar Kebijakan, cetakan ketiga, Penerbit Kencana, Jakarta.

Saragih, Y.S., F.H., Silalahi dan A. E., Marpaung, 2006. Uji Resistensi beberapa Kultivar Markisa Asam terhadap Penyakit LayuFusarium. Jurnal Hortikultura (16). Hal: 321-326.

Soekartawi, 2006. Analisa Usaha Tani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Zulkifli, 2012. Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Pada Agroindustri Keripik Ubi di Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.