STRATEGI PEMASARAN AYAM PEDAGING DI KABUPATEN BIREUEN

Eviana Dewi Putri

Sari


Penelitian ini telah dilakukan pada usaha Pemasaran ayam pedaging di Kabupaten Bireuen.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2015.Tujuan penelitian ini untuk merumuskan Strategi pemasaran pada usaha Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Bireuen yang tepat pada usaha tersebut.Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha.Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis fungsi pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan.Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan makro dan mikro. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal, Rekomendasi strategi yang diberikan adalah strategi diversivikasi karena berdasarkan peta kekuatan internal dan eksternal SWOT menunjukkan Posisi usaha pemasaran ayam pedaging berada pada Kuadran II.Strategi tersebut bisa dilakukan oleh Pedagang ayam pedaging di Kabupaten Bireuen dengan melakukan ekspansi pasar dan meningkatkan jumlah produk untuk memenuhi jumlah permintaan yang meningkat. Untuk mencukupi kebutuhan modal yang besar, pedagang ayam pedaging dapat melakukan kerja sama dengan Lembaga simpan pinjam seperti Bank ataupun Pegadaian.

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Ayam Pedaging, SWOT

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi).Lembaga .

Fandy Tjiptono, (2004). Strategi Pemasaran, Edisi I. Yogyakarta: Andi

Ilham. 2006. Arah Kebijakan Pembangunan Peternakan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Departemen Pertanian,

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan. Kontrol.Jakarta : PT. Prehallindo.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Murtidjo.2001.Pedoman Beternak Ayam Broiler. Yogyakarta: Kanisius. Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia: Depok-Jawa Barat

Rasyaf, M. 2003. Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rhenald, Kasali (2004). Membidik Pasar Indonesia, STP. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Wahju, J. 2003. Ilmu Nutrisi Unggas. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wahyuni, I., 2007. Partisipasi Petani Dalam Rehabilitasi irigasi Kecil, Pusat Studi Irigasi, Unand, Padang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.