STRATEGI PEMASARAN MINYAK NILAM DI DESA ALUE SUNGAI PINANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Studi Kasus Usaha Bapak Ferry)

Muamarullah Muamarullah, Syarifah Maihani

Sari


Penelitian ini dilakukan pada usaha penyulingan minyak nilam di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, tepatnya pada usaha penyulingan minyak nilam milik Bapak Ferry, yang dilaksanakan pada bulan November 2018.Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis strategi pemasaran minyak nilam di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah lokasi usaha dekat dengan perkebunan nilam, sedangkan kelemahan utama adalah keterbatasan modal. Hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utama adalah permintaan kontinyu dan ancaman utama adalah adanya pesaing.Dari hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk melakukan pemasaran minyak nilam di Desa Alue Sungai Pinang Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya adalah menggunakan strategi growth oriented yangmendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yaitu dengan cara memenuhi  permintaan  yang selalu kontinyu dengan memanfaatkan potensi perkebunan nilam yang ada disekitar usaha, dan menjalin hubungan kemitraan dengan petani nilam untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dalam rangka menjaga kualitas minyak nilam.

Kata kunci :Strategi Pemasaran, Minyak Nilam.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggriyani, R. 2016. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Industri Minyak Nilam di Desa Lumbutarombo Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu. Jurnal Agrotekbis 4 (1): 91-96, Februari 2016.

Djuwendah, Endah. 2008. Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Usaha Nilam (Pogostemon cablin benth) di Kabupaten Garut. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Jatinangor-Sumedang. JurnalSosiohumaniora, Vol. 10, No. 3, November 2008 : 31-44

Daud. 2006. Nilam Budidaya dan Penyulingan. Jakarta: CV Yasaguna.

Kotler dan Keller. 2007. Mnaiemen Pemasaran. Jilid 2. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler. 2012. Marketing. Jilid I. Erlangga. Yogyakarta.

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lutony dan Rahmayati. 2012. Minyak Atsiri. Penebar Swadaya. Jakarta

Manoi. 2007. Penyulingan Minyak Nilam. (Online) [http://balittro.litbang.deptan. go.id.]. Diakses tanggal 20 Februari 2018.

Miliyoso. 2007. Analisis Strategi Pemasaran Produk Nata De Coco (Studi Kasus di CV. Graha Agri Industri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Jurnal

Pravasta. 2013. Strategi Pemasaran Gula Kelapa di Kabupaten Klaten. Jurnal

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Santoso. 2007. Bertanam Nilam Bahan Industri Wewangian. Kanisius. Yogyakarta.

Stanton, William J. 2007. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga.

Sudaryani dan Sugiharti, 2008. Cara Menanam Nilam. http://menarailmu. Blogspot. com. Di akses tanggal 27 Maret 2018.

Supranto dan Nandan. 2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Swatha dan Handoko. 2008. Manaiemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.

Unteawati B., Noer I., dan Rofiq M. 2012. Analisis Finansial Usaha Minyak Nilam. Jurnal Ilmiah ESAI. 6 (3) : 46-54


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.