PROFITABILITAS USAHA MINYAK NURHAYATI DI DESA REULEUT KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Cut Emilia Rahayu, Elfiana Elfiana

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Reuleut Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen tepatnya pada usaha Minyak Nurhayati, yang dilaksanakan pada bulan April 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas usaha Minyak Nurhayati di Desa Reuleut Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, pendapatan, keuntungan dan profitabilitas. Berdasarkanhasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan  diketahui bahwa total biaya yang dikeluarkan UD. S.A. HABIBIE untuk menjalankan usaha minyak yaitu sebesar Rp.92.417.561,-/bulan,dan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 170.000.000,-/bulan. Dari hasil analisis juga diketahui bahwa usaha Minyak Nurhayati menguntungkan, dengan total keuntungan sebesar Rp. 77.582.439,-/bulan. Selanjutnya dari hasil analisis profitabilitas diperoleh nilai 83,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa UD. S.A. HABIBIE Desa Reuleut Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen mempunyai nilai profitabilitas pada kategori tinggi.

 

Kata Kunci : Analisis Profitabilitas, Usaha Minyak Nurhayati



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggriyani. 2016. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Industri Minyak Nilam di Desa Lumbutarombo Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. e-Jurnal Agrotekbis. Volume 4. Nomor 1. Halaman: 91-96.

Baridwan, Zaki, Akuntansi Intermediate, Edisi 8, Yogyakarta : BPFE, 2008M.

Budi. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Djamhari, S.A. (2007). Prajurit TNI Dalam Tugas Kemanusiaan Galang 96. Jakarta: Pusat Sejarah TNI

Gaspersz, Vincent. 2006. Lean Six Sigma For Manufacturing And Service Industries. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Haloho. 2013. Analisis Profitabilitas Dalam Pengembangan Usaha (Studi Pada Dian Aquatik Indonesia). Universitas Sumatera Utara: Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu PolitikDepartemen Ilmu Administrasi Bisnis.

Harahap, Sofyan Safri, 2005. Teori Akuntansi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Harmaizar Z. 2005. Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi: Dian Anugerah Prakas.

Husnan, S. Dan S. Muhammad. 2005. Studi Kelayakan Proyek. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Lysti. 2009. Analisis Kelayakan Usaha penyulingan Minyak Nilam (Patchcouli Oil) PT. Perkasa Primatama Mandiri Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Jurnal Suara Teknik Fakultas Teknik UNMUH Sumatera Utara. Volume 1. Nomor 1. Halaman 1-15.

Michelle. 2008.Memprediksi Tingkat Pengembalian InvestasiMelalui Rasio Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage (Studi pada PerusahaanManufaktur yang Listing di BEI Perioda Pengamatan Tahun 2001-2004).Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Airlangga.

Misbach. 2009. Analisis Kelayakan Usaha penyulingan Minyak Nilam (Patchcouli Oil) PT. Perkasa Primatama Mandiri Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Jurnal Biopropal Industri. Volume 6. Nomor 1. Halaman 17-22.

Mulyadi. 2006. Sistem Informasi Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nafarin, 2007, Penganggaran Perusahaan, Edisi Ke-3, Salemba Empat, Jakarta.

Nafarin,M 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta:Salemba Empat.

Soekartiwi, 2006. Agribisnis Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti. 2004. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. UPP. AMP YKPN, Yogyakarta.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukirno, 2006. Makroekonomi: Teori Pengantar. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Susilowati. 2005. Diversifikasi sumber Pendapatan Rumah Tangga di Pedesaan Jawa Barat. Jurnal Agro Ekonomi. Volume 20. Nomor 1. Halaman: 85-109.

Wasis dan Sugeng Yuli 0Irianto. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Witjaksono. 2006. Akuntansi biaya 1st edition. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Zulkifli. 2007. Manajemen Biaya. Edisi pertama, cetakan pertama. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.