STRATEGI PEMASARAN PINANG DI DESA BLANG DALAM KECAMATAN MAKMUR KABUPATEN BIREUEN (Studikasus UD. Kasih Sayang Bapak Zakaria)

Muhammad Zikri

Sari


 

Penelitian ini telah dilakukan di UD.Kasih Sayang di Kecamatan Mamur Kabupaten Bireuen.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran pinang di Gampong Blang Dalam Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling), dengan alasan Desa Awe Geutah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng adalah salah satu usahatani pembibitan pala di Desa Awe Geutah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen yang telah menjalakan usahatani Pembibitan Pala dengan luas lahan 1 Ha. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada masalah Analisis Usahatani Pembibitan Pala. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya yang dikeluarkan pada usahatani Pembibitan Pala di Desa Awe Geutah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen adalah sebesar Rp. 17.484.750 per periode. Total penerimaan yang diperoleh adalah sebesar Rp.60.000.000 per periode dan keuntungan yang diperoleh adalah sebesar Rp.42.515.250 per periode, yang berarti bahwa usahatani Pembibitan Pala menguntungkan. Usahatani Pembibitan Pala di Desa Awe Geutah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen memiliki angka perbandingan B/C rasio sebesar 3.4 sehingga layak untuk diusahakan.

  Kata Kunci : Usahatani Pembibitan Pala, Penerimaan, keuntungan dan kelayakan usaha B/C rasio.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnan,Amal.2010.KepulauanRempah-Rempah.Jakarta:PopulerGramedia.

Hafsah.2009.GiziMasyarakat.PTBPKGunungMulia.Jakarta.

Halimah.2015.AnalisisPendapatandanStrategiPengembanganUsahaBumbuMasakdiKotaBandaAceh.JurnalUniversitasSyiahKuala.(Online)[http://library.unsyiah.ac.idEmail:[email protected]].Diakses

HambaliE.2008.MembuatAnekaBumbuInstanKering.PenebarSwadaya.Jakarta.

Kotler.2012.Marketing.JilidI.Erlangga.Yogyakarta.

Kurtz.2008.PengantarBisnis(Jilid1).Erlangga.Jakarta.

Lupiyoadi.2006.ManajemenPemasaranJasa(Edisi2).PenerbitSalembaEmpat.Jakarta

Maya.T.Yonete.2013.StrategiPemasaranProdukKecapIkan(StudiKasuspadaUP2KSSariLahadiKotaTernate).JurnalIlmiahagribisnisdanPerikananagrikanUMMU-Ternate(Volume6Edisi2(Oktober2013))

Mubyarto.2009.PengantarEkonomiPertanian.Edisi111,LP3S:Jakarta.

Puspitadewi.2008.TeoriProduksi.http://www.library.ohiou.edu.Diakses(09Maret2017)

Rangkuti.2006.AnalisisSWOTTeknikMembedahKasusBisnis.PT.Gramedia.PustakaUtamaJakarta.

Saidah,Z.2012.StrategiPemasaranTaucoCapBiruangdiKabupatenCianjur.JurnalJurusanSosialEkonomiPertanian,FakultasPertanianUniversitasPadjadjaranBandung,Indonesia.(Sosiohumaniora,Volume14,No.1,Maret2012:24–37).

SianipardanEntang.2008.Teknik-TeknikAnalisisManajemen.BahanAjarDiklatPIMTingkatIII

Soekartawi.2006.ManajemenPemasaranModern.Liberty,Jakara.

SuprantodanNandan.2007.StatistikaUntukEkonomidanBisnis.EdisiRevisi.RinekaCipta.Jakarta.

SwasthadanHandoko,2010.ManajemenPemasaranModern,Liberty,Yogyakarta.

Tjiptono.2008.ManajemenPelayananJasa.PenerbitAndi.Yogykarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.