STRATEGI PEMASARAN USAHA KERUPUK UDANG DIDESA COT TUFAH KECAMATAN GANDAPURAKABUPATEN BIREUEN

Misrayanti Misrayanti

Sari


Penelitian telah dilaksanakan pada Usaha Kerupuk Udang UD. Harkat di desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan pada bulan Mei 2015. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman strategi pemasaran usaha kerupuk udang di desa Cot Tufah Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha. Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis Kekuatan dan Kelemahan. Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan Peluang dan Ancaman. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan eksternal, Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Progresif, artinya UD. Harkat Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen dalam kondisi prima dan mantap sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

 

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Kerupuk Udang, SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofyan. 2006. Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia: Depok-Jawa Barat.

Assauri, Sofyan. 2008. ManajemenPemasaranDasar, Konsep, danStrategi. PT. Rajawali Pers. Jakarta.

Bestari, Dewi Handayani .2010. Analasis keuntungan dan strategi pemasaran usaha ayam goreng waralaba dan non waralaba (Studi kasus KFC Bogor).

FakultasPertanian. 2013. PedomanPenyusunanSkripsi. UniversitasAlmuslim. Bireuen.

Frihartinih, Lusy. 2007. Strategi Bauran Pemasaran Kerupuk Udang Di Perusahaan Padi Kapas Desa Kenanga, Kec. Sindang, Kab. Indramayu, Propinsi Jawa Barat.

FandyTjiptono. 2007. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta 2000.

Kotler, Philip. 2006. Manajamen Pemasaran, Jilid2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat, 2008, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

RachmatRamli. 2008. Membidik Pasar Indonesia (segmentasi, targeting,positioning), PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy.2009. StrategiPromosi yang Kreatif.Jakarta :PT.GramediaPustakaUtama.

Reny, 2012. Analisis Strategi Pemasaran. PT. Koko Jaya Prima Makassar.

Rina Madyasari. 2008. Analisis SWOT untuk mengetahui Posisi Perusahaan dan Implementasinya terhadap Strategi Bersaing (Studi kasus pada BNI Syariah Kantor Cabang Semarang).

Soekartawi. 2006. Pengantar Agroindustri. PT Raja Grafindo Jakarta. Jakarta.

Syakiruddin. 2008. Analisis perencanaan proyek, fakultas ekonomi universitas syiah kuala.

Sutomo, s. 2009. Analisis ekonomi proyek – proyek pertanian universitas Indonesia. Ui press, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.