ANALISIS POLA KEMITRAAN DAN SISTEM BAGI HASIL USAHA TERNAK AYAM RAS PEDAGING DI DESA KEUDE MANE KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Studi Kasus Peternakan Bapak Zakiun dengan PT. Charoen Pokphand)

Nauratuddini Nauratuddini

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Keude Mane Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara pada peternakan ayam ras pedaging Bapak Zakiun, yang dilaksanakan pada bulan Juni 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kemitraan dan sistem bagi hasil usaha ternak ayam ras pedaging Bapak Zakiun dengan PT. Charoen Pokphand di Desa Keude Mane Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus analisis total biaya, penerimaan, keuntungan dan analisis pola kemitraan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa total biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan usaha budidaya ayam ras pedaging yaitu sebesar Rp. 154.587.125,-/periode produksi, dan total penerimaan yang diperoleh dari hasil penjualan (total panen) adalah sebesar Rp. 164.587.500,-/periode produksi, sedangkan total penerimaan yang diperoleh peternak setelah dikurangi biayasapronak adalah sebesar Rp. 21.687.500,-/periode produksi, dengan kata lain penerimaan yang diperoleh Bapak Zakiun selaku peternak mitra adalah sebesar 13,18% dari total penerimaan (hasil panen). Dari hasil analisis juga diketahui bahwa total keuntungan yang diperoleh peternak setelah dikurangi biayapenyusutan kandang, pekerja dan biaya lain-lain adalah sebesar Rp. 9.987.875,-/periode produksi, dengan kata lain keuntungan yang diperoleh Bapak Zakiun selaku peternak mitra adalah sebesar 6,07% dari total penerimaan (hasil panen).

Kata kunci :Analisis Pola Kemitraan, Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andriastuti, F. 2015. Analisis Profitabilitas Sistem Bagi Hasil Peternakan Ayam Broiler Kasus PT Kusuma Niaga Persada Nusantara. Skripsi. Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Anoraga. 2010. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta, Malang.

Azizah. N. 2015. Analisis Pola Kemitraan Usaha Peternakan Ayam Pedaging Sistem Closed House di Plandaan Kabupaten Jombang. Jurnal Peternakan. Universitas Brawijaya. Vol. 23 (2): 1 - 5

Cepriadi. 2010. Analisis Usaha Peternakan Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kota Pekanbaru. Jurnal Peternakan. Universitas Riau, Riau. Vol. 4 (1). 20 – 29

Dilla, E.A. 2011. Perbandingan Pendapatan Antara Peternak Mitra Dan Peternak Mandiri Ayam Pedaging di Kabupaten Bungo. Skripsi. Fakultas peternakan, Universitas Andalas. Sumatera Barat.

Fadilah, R. 2006. Panduan Mengelolah Peternakan Ayam Pedaging. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Hafsah, M.J. 2009. Kemitraan Usaha, Konsepsi dan Strategi. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Joesron dan Fathorrazi. 2012. Teori Ekonomi Mikro. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Lestari, M. 2009. Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kepuasan Peternak Plasma Terhadap Pelaksanaan Kemitraan Ayam Pedaging Studi Kasus Kemitraan PT. X di Yogyakarta. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Murtidjo. 2008. Pedoman Beternak Ayam Ayam Pedaging. Kanisius, Yogyakarta.

Rahim dan Hastuti, 2007. Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rasyaf, M. 2008. Panduan Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rasyid, I., dan S.N. Sirajuddin. 2010. Peranan Pola Kemitraan Inti Plasma Pada Peternak Usaha Ayam Broiler. Buletin Ilmu Peternakan. Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sofyan Syafri. 2010. Manajemen Investasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Srimindarto, E. 2015. Pola Hubungan Kemitraan Inti Plasma Pada Usaha Ternak Ayam Broiler (Studi Kasus pada PT Bina Karya Sejati di Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban). Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Subkhie. H. 2012. Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Ayam Pedaging dengan Pola Kemitraan di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor. Vol. 7 (1). 54 – 63

Suharno, B. 2010. Agribisnis Ayam Ras. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suparmoko. 2010. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: BPFE

Surya, 2010. Manajemen Kinerja. Cetakan Ketiga. Penerbit Pustaka. Pelajar : Yogyakarta.

Tamaluddin, F. 2014. Panduan Lengkap Ayam Pedaging. Penebar Swadaya, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.