STRATEGI PEMASARAN SIRUP PALA PADA USAHA CV. CAHAYA RIZKI DI KABUPATEN ACEH SELATAN
Sari
Penelitian ini dilaksanakan pada usaha Sirup Pala CV. Cahaya Rizki di Kabupaten Aceh Selatan pada bulan Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran sirup pala pada CV. Cahaya Rizki di Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Dari hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan yang paling urgen adalah produk berkualitas dan kelemahannya kegiatan promosi belum optimal. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang yang paling urgen adalah bahan baku mudah diperoleh dan ancamannya naiknya harga bahan baku. Berdasarkan hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk meningkatkan pemasaran sirup pala pada usaha CV. Cahaya Rizki di Kabupaten Aceh Selatanadalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara memaksimalkan kekuatan internal untuk memanfaatkan dan merebut peluang eksternal melalui kegiatan pemasaran untuk memperoleh keuntungan guna mencapai pertumbuhan perusahaan sirup pala pada usaha CV. Cahaya Rizki yang berkelanjutan.
Kata kunci :Strategi Pemasaran, Sirup Pala.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdul, Azis. 2008. Prospek Pengembangan Sirup Salak Bangkalan dengan Analisis SWOT. Journal ofBiochemistry (2008) 35:1501-1507.
Balitka. 2010. Revitalisasi Perkebunan Pala. Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 32(1): 4-6.
Desrosier, N. W. 2008. Tekologi Pengawetan Pangan. Edisi Ketiga. Penerjemah: M. Muljohardjo. UI-Press, Jakarta.
Gatot, Rahayu. 2013. Strategi Pemasaran Buah Pisang di Wilayah Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.Jurnal Univ. Riau (2013) 12:23-3.
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.
Kotler. 2012. Marketing. Jilid I. Erlangga.Yogyakarta.
Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis (Jilid 1). Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Prayitno. 2009. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Sirup Agung. Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura.ISSN 0216-0188
Rangkuti.2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia. Pustaka Utama Jakarta.
Soekartawi. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Jakara.
Supranto dan Nandan.2007. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.
Swastha dan Handoko, 2010.Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Tjiptono. 2008. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogykarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.