ANALISIS EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA USAHA KERIPIK DI DESA LINGGONG KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Ira Desiana

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Efisiensi Biaya Produksi Keripik Di Desa Linggong Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen.Penelitian ini telah dilaksanakan pada usaha produksi keripik di desa Linggong Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Rumus analisis biaya dan keuntungan. Sementara untuk menghitung Efisiensi Biaya, rumus yang digunakan adalahRevenue Cost Ratio (R/C).Berdasarkan hasil penelitian pada Usaha Keripik di Desa Linggong Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen di atas penulis menarik beberapa kesimpulan bahwa Rata-rata penerimaan pada Usaha Keripik di Desa Linggong Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen adalah Rp.810.000.000/tahun dengan biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp.669.361.667/tahun. Dari hasil analisa data, didapatkan bahwa keuntungan yang diperoleh pada Usaha Keripik di Desa Linggong Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen sebesar Rp.140.638.333/tahun atau Rp.11.719.861/bulan.Efisiensi biaya dilihat berdasarkan perhitungan nilai R/C yaitu 1,21. Nilai tersebut lebih besar dari 1. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan biaya pada Usaha Keripik di Desa Linggong Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuensangat efisien karena penggunaan biaya tersebut memberi manfaat atau keuntungan bagi pelaku usaha.

 

Kata Kunci : Analisis, Pendapatan,  Efisiensi Biaya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alimuddin, 2012. Analisis Pendekatan Target Tosting Sebagai Alat Penilaian Efisiensi Produksi Semen pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Erryka Aprilia P, Anik S dan Julian Adam R. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Biaya Usahatani Tembakau, JSEP, Vol.8, No.1, Maret 2015.

Gaspersz, 2009. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:YKPN.

Hansen & Mowen, 2012. Manajemen Biaya, Edisi Bahasa Indonesia. Buku Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Joesron Suhartati dan Fathorrozi, 2003. Teori Ekonomi Mikro: Salemba Empat, Jakarta

Mubyarto, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta.

Mulyadi, 2013. Akuntansi Biaya. Aditya Media, Yogyakarta.

Samryn, 2012. Akuntansi Manajerial Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Saputro, 2007. Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Just In Time Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (Studu Kasus pada PT. Miwon Indonesia Gresik), Skripsi. Universitas Islam. Malang.

Simamora, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.

Soekartawi, 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasi. Edisi Revisi PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. Universitas Indonesia.

Srilistiyowati, 2007, Analisis Perencanaan dan pengendalian biaya produksi Mesin Kertas Satu untuk meningkatkan Efisiensi Biaya pada PT.Kertas Leces (Persero) Probolinggo, Skripsi. Universitas Sumatera Utara

Supriyono, 2011. Akuntansi Biaya: Perencanaan dan Pengendalian Biaya Serta Pembuat Keputusan, Edisi Kedua, Buku Kedua, BPEE, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.