STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF KERAJINAN BORDIR ACEH DI ACEH UTARA

Hafni Zahara

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengukur tingkat kapasitas pelaku usaha dalam pengembangan usaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh di Kabupaten Aceh Utara. (2) Merumuskan strategi pengembangan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh.Penelitian ini menggunakan metode survey, dan penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di Kabupaten Aceh Utara.Data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur terhadap responden dengan menggunakan quesioner.Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengolahan datanya dengan statistik non parametrik dengan skala pengukuran menggunakan skala likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kapasitas perempuan secara umum berada pada kategori tinggi, hal ini dikarenakan mereka mampu mengelola usahanya dengan baik.Tingkat kapasitas secara berurutan yaitu kapasitas perempuan dalam menjalankan fungsi usaha dan pemasaran, kapasitas dalam beradaptasi dengan pasar dan kapasitas dalam memecahkan masalah modal.Strategi peningkatan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif kerajinan bordir aceh dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang mendukung usaha peningkatan kapasitas yaitu: Mengikuti kegiatan pelatihan desain produk, mengikuti pameran kerajinan, pengembangan Sumberdaya Manusia, kemudahan akses permodalan, dan bantuan pembangunan prasarana.

Kata kunci: strategi, peningkatan kapasitas, ekonomi kreatif, kerajinan bordir Aceh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ahyani R, Urip W, Wahyuningsih U. 2012. Upaya Pengembangan Usaha Kerajinan Bordir. Jurnal Fashion and Fashion Edication Journal (FFEJ) volume 1 Tahun 2012. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Alex, Koutsoris. 2008. Innovating Towards Sustainable Agriculture: “A Greek case Study Department of Agricultural Economics and Rural Development, Agricultural University of Athens, Greece.” The journal Agricultural Education and Extension Publication details, including instructions.

[BEKRAF] Badan Ekonomi Kreatif, 2015, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 tentang Badan Ekonomi Kreatif.BEKRAF. Jakarta

Maisaroh, siti.2008. Pengembangan Produksi Kerajinan Sebagai Upaya Mendukung Program Pengentasan Kemiskinan.Jurnal Pengembangan Industri Kerajinan (JEJAK) Volume 1 Nomor 1 September 2008. Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta.

Rini dan Czafrani.2010. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global.Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora.Volume 1 Desember 2010.

Sriyana, Jaka. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) : Studi kasus di Kabupaten Bantul. [Simposium Nasional 2010.Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif].Universitas Islam Indonesia. Jogjakarta.

Toffler A. 1987. Kejutan dan Gelombang. Dra Sri Koefdiyantinah SB, penerjemah. Jakarta: Terjemahan dari Previews and Premises.

Utami, Nayati H. 2007. Keberdayaan, Kemajuan, dan Keberlanjutan Usaha Pengrajin : Kasus Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. [Disertasi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Zahara, Hafni. 2013. Kapasitas Perempuan dalam Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kerajinan Bordir Aceh.[Tesis].Institut Pertanian Bogor. Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.