ANALISIS PEMASARAN GULA MERAH TEBU DI KABUPATEN BENER MERIAH (Studi Kasus Agroindustri Bapak Edi)

Salamatul Fatayat, T.M Nur, El fiana

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah pada agroindustri gula merah milik Bapak Edi, yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, keuntungan, Marjin dan efesiensi pemasaran gula merah tebu Bapak Edi di Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, Marjin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa proses pemasaran gula merah tebu Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah dilakukan melalui 2 (dua) saluran pemasaran yaitu Saluran I  =  produsen → pedagang pengecer → konsumen akhir, Saluran II = produsen → agen distributor →pedagang  pengecer →konsumen akhir. Dari kedua saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dalam memasarkan gula merah tebu Bapak Edi Desa Suka Makmur Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah adalah menggunakan saluran I, hal ini dikarenakan nilai persentase Marjin pemasaran yang diperoleh lembaga pemasaran bernilai rendah yaitu 25%, dan nilai persentase bagian yang diterima pemilik agroindustri gula merah tebu bernilai tinggi yaitu sebesar 75%.

Kata kunci : Analisis Pemasaran, Gula Merah Tebu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abd. Rahman, Arinong. 2010. Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Kakao di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa. Jurnal Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa. (Vol. 4 No. 2 ISSN 1858-4330)

Badan Standarisasi Nasional. 2012. SNI 01-6237-2000. Gula Merah Tebu. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Darmawanti. 2006. Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bener Meriah, 2016. Luas Areal dan Produksi Tanaman Tebu.

Doni, Andreas, Natalis. 2010. Analisis Pemasaran Beras di Kabupaten Klaten. Jurnal Program Studi Agrobisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Hankey, G.J, 2012. Your Question Answered Stroke. Harcourt Publisher Limited, Perth. Australia

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Penerbit PT. Indeks. Jakarta.

Lestari, AP. 2006. Pengaruh Waktu Tunda Giling Tebu Dan Penambahan Natrium Metabisulfit Terhadap Mutu Gula Merah Tebu. Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.

Rahim. Abd. dan. Hastuti. DRW. 2007. Ekonomi Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Santoso, H. B. 2007. Pembuatan Gula Tebu. Kanisius, Jakarta.

Soekartawi, 2006. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern. Pustaka Harapan, Jakarta.

Stanton, William J. 2011. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga.

Sudiyono. 2006. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Swastha, Basu DH, 2006. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Yunita Situmorang, 2015. Analisis Keuntungan, Rantai Distribusi dan Efisiensi Usaha Perajin Gula Aren di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Jurnal Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. (Vol. 9 (1), Maret 2015: 41-52)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.