ANALISIS PEMASARAN GARAM RAKYAT (Studi Kasus Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen)

Ida Royani, Saiful Hurri, Syarifah Maihani

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen pada bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya,  keuntungan, margin dan efesiensi pemasaran garam rakyat di Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis saluran pemasaran, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran dan efesiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa proses pemasaran garam Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen dilakukan melalui 2 (dua) saluran pemasaran . Besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan pada sistem pemasaran saluran I adalah sebesar Rp.1.000,-/kg, dengan keuntungan lembaga pemasaran sebesar Rp. 2.500,-/kg, sedangkan biaya pemasaran yang dikeluarkan pada sistem pemasaran saluran II adalah sebesar Rp. Rp.1.500,-/kg, dengan keuntungan lembaga pemasaran sebesar Rp. 4.500,-/kg. Dari kedua saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dalam memasarkan garam Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen adalah menggunakan saluran I yaitu produsen → pedagang pengecer → konsumen akhir. Hal ini dikarenakan nilai persentase margin pemasaran yang diperoleh lembaga pemasaran bernilai rendah yaitu 30%, dan nilai persentase bagian yang diterima pegaram Gampong Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen bernilai tinggi yaitu sebesar 70%.

 

Kata kunci : Analisis Pemasaran, Garam Rakyat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anindita. 2006. Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Garam Melalui Pemasaran garam. Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo. Madura.

Darmawanti. 2005. Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Andi :Yogyakarta.

Hankey, G.J, 2012. Your Question Answered Stroke, Harcourt Publisher Limited, Perth,. Australia

Heriansyah dan Fathuddin. 2014. Analisis Tata Niaga Garam Untuk Pengembangan Usaha Garam Rakyat di Kabupaten Pangkep. Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Kelautan (STITEK) Balik Diwa. Makassar.

Hermina Ismail. 2015. Analisis Pendapatan dan Pemasaran Usaha Pembuatan Garam di Kelurahan Talise Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Jurnal Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Palu.

Kementrian Perindustrian, 2010. Kebutuhan Garam Nasional. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

KKP, 2010. Program Peningkatan Produksi Perikanan Budidaya Tahun 2010-2014. Makalah. Forum Akselerasi Pembangunan Perikanan Budidaya 2010, 11-14 Januari 2010, Makassar.

Kotler. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahim dan Hastuti. 2007. Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya, Jakarta.

Soekartawi, 2006. Strategi Pemasaran Edisi Pertama, Grafindo Persada,Jakarta.

Stanton, 2011. Manajemen Pemasaran, Cetakan II. Salemba Empat. Jakarta.

Sudiyono. 2010. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R D. Alfabeta Bandung.

Suherman. 2011. Analisis Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep). Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo. Madura.

Swastha, B. 2006. Azas-Azas Marketing. Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.