REVITALISASI PASAR RAKYAT (TRADISIONAL) SEBAGAI ASET KOTA TERHADAP PEDAGANG RITEL MODERN DI KOTA BIREUEN (STUDI KASUS PASAR PAGI BIREUEN)

Syarifah Maihani

Sari


ABSTRAK

Pasar tradisional sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia, akan tetapi akhir-akhir ini kehadiran pasar modern mengancam eksistensi dari pasar tradisional ke depannya. Pada kenyataannya di Pasar Pagi Bireuen pasar tradisional bisa bertahan berdampingan dengan ritel modern.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuimengidentifikasi wilayah penelitian, menganalisis revitalisasi pasar tradisional, menganalisis kebijakan pemerintah terkait pasar tradisional, peran modal sosial terhadap eksistensi pasar tradisional.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini, yaitu: Untuk menciptakan kondisi lingkungan pasar tradisional yang lebih baik dan lebih nyaman, kebijakan-kebijakan yang akan membantu meningkatkan daya saing pasar tradisional harus diciptakan dan dilaksanakan, dengan upaya-upaya: Memperbaiki infrastruktur, Harus melakukan investasi dalam pengembangan pasar tradisional dan menetapkan Standar Pelayanan Minimum, Peningkatan kinerja pengelola pasar dengan menyediakan pelatihan atau evaluasi berkala.

Kata kunci: Pasar Rakyat, Revitalisasi, Modal Sosial.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Maritfa Nika dan Mohammad Mukti Ali.2013. Kajian Eksistensi Pasar Tradisional Kota Surakarta. Jurnal Teknik PWK, Vol. 2, (No. 2). Universitas Diponegoro.

Indrakh 2007.Tukar Menukar Tradisional dan Pasar Modern.Jakarta: Penerbit Gramedia.

Putnam, 1996 dalam Defilippis, 2001. Sosial Capital in Economics: Why Sosial Capital Does Not Mean The End of Ideology. School of Economics and Political Science.University of Sydney, Vol. 3, (No. 3).

Woolcock (2000).Social Capital in the Creation of Human Capital. American Journal of

Sociology.Vol. 94. Supplement S95-S120. The University of Chicago Press.

Djau (2009).Dasar-Dasar Teori Sosial “Foundation of Social Theory”.Bandung:

Penerbit Nusa Media.

Setianto (2001) Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Usaha Ritel Koperasi/Waserda dan Pasar Tradisional. Magister Manajemen Pasca Sarjana. Universitas Muria Kudus.

McDowell, William C, Troy A. Voelker. 2008. Information, Resources and Transaction Cost

Economics: The Effects of Informal Network Centrality on Teams and Team Performance. East Carolina University.

Meyer, John W and Brian Rowan. 1997. Institutionalized Organizations: Formal Structure as Myth and Ceremon. American Journal of Sociology.The University of Chicago Press.Vol. 83, (No. 2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.