PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PADA MATERI ADJECTIVE KELAS VII SMP NEGERI 4 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

Dariyatni dariyatni

Sari


Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan September sampai dengan November 2019 di SMP Negeri 4 Meulaboh yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Adjective pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model SFAE pada SMP Negeri 4 Meulaboh. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 4 Meulaboh yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Meulaboh pada materi Adjective dengan menggunakan model SFAE. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 20 (66,66%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 27 orang siswa atau (90,00%) yang tuntas secara klasikal. Kata Kunci: Kooperatif, SFAE, hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Erlangga.

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda

Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kurniawati, N. 2010. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Student

Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara.

Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Bandung.

Lie, A. 2003. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta : Grasindo

Muhibbin, S. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Musriah. 2009. Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Melalui Metode Student Facilitator and Explaining ( PTK Pembelajaran

Bahasa Inggris Kelas X di SMP Negeri 2 Grobogan ). Skripsi tidak

diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oemar Hamalik.1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung:

Tarsito.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryanto A, Haryanta A. 2006. Bahasa Inggris X: Jakarta. Erlangga

Susilowati, A. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bahasa Inggris

Melalui Model Pembelajaran Bahasa Inggris Realistik Sekolah Berbasis

Media dan Berkonteks Lokal Surakarta. Skripsi, (Online),

(http://etd.eprints.ums.ac.id/3409/2/A410050010.pdf., diakses 3 Maret 2010)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.