“PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELADANI SIFAT-SIFAT MULIA PARA RASUL ALLAH SWT DI SMPN 2 WOYLA KELAS VIII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2

Masyithah Masyithah

Sari


Penelitian ini berjudul “Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk
Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Meladani sifat –
sifat mulia para Rasul Allah SWT di SMPN 2 Woyla kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran
2020/2021”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan perbaikan guna
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam materi
Meladani sifat- sifat mulia para Rasul Allah SWT. Untuk meningkatkan hasil belajar pada mata
pelajaran pendidikan agama islam materi Meladani sifat – sifat mulia para Rasul Allah SWT, Perlu
dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Contectual Teaching
And Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan di SMP 2 Woyla dengan menggunakan 2 Siklus. Dan
setiap siklusnya mempunyai tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamaan/observasi dan refleksi.
Pada siklus I peserta didik belum terbiasa dengan kondisi belajar ini,sehingga dilakukan tindakan
penjelasan kepada peserta didik tentang langkah - langkah model pembelajaran Contectual Teaching
and Learning (CTL).Dalam siklus II pendidik dan peserta didik sudah mulai memahami model
pembelajaran Contectal Teaching and Learning (CTL) serta menunjukan hasil yang maksimal dilhat
dari hasil belajar peserta didik yang terus mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Hal ini dapat
dilihat dari setiap hasil belajar peserta didik pada siklus I peserta didik yang tuntas adalah Hasil
belajar peserta didik yang tuntas pada hasil pratindakan adalah 41 % dan 59 % yang belum tuntas,
pada siklus I peserta didik yang tuntas adalah 66% dan 34 % Peserta didik yang belum tuntas,
sedangkan peserta didik yang tuntas pada siklus II adalah 100 % , Peserta didik tuntas
semua.sehingga penggunaan model pembelajaran CTL dapat terus di terapkan untuk proses
pembelajaran kedepannya karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil belajar Siswa,
Meladani sifat-sifat mulia para Rasul Allah SWT.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Radja Grafindo

Persada. 1995.

Departemen Agama RI. Al Quran Dan Terjemahnya. Toha Putra.Semarang: 1989.

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional

Nomor 20 Tahun 2003.Jakarta: Depdiknas. 2003.

Djamarah DKK. Pendekatan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

E. Mulyasa. Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Kurikulum Standar

Kopetensi dan Kopetensi Dasar. Bandung: PT. Remaja, Rosdakarya.2010

Elaine B.Johnson. Contextual Teaching Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar

Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Marghono. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Masnur Mukhlis. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual.

Malang: Bumi Aksara. 2007.

Muhammad Athiyah Al Abrasy. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta:

Bulan Bintang. 2009.

Muhibin Syah. Psikologi Pendiidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT.Remaja Rosda Karya. 2008.

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar . Bandung: PT.Remaja

Rosda Karya. 2009.

Nana Sudjana. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nanang, Hanafiah, Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT

Refika Aditama. 2009.

Oemar Hamalik. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Dalam Belajar. Bandung:

Tarsito. 1981.

Oemar hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT bumi aksara. 2001.

Patmonodewo. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Ramayulis. Metodologi Pendidikann Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2010.

Suparlan Suharto. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group. 2007.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, landasan,

dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Kencana. 2010

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksar. 2010

Wina Sanjaya. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Bandung: Kencana. 2008.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta:Kencana. 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.