KONSEP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AGAMA (AL-QUR’AN HADIST) DALAM MENINGKATKAN SKILL SISWA MENGHAFAL SURAH PENDEK

Zahriyanti Zubir

Sari


Guru bukanlah pekerjaan yang mudah, seperti yang dibayangkan sebagian orang, dengan bermodal penguasaan materi dan menyampaikannya kepada siswa sudah cukup, hal ini belumlah dapat dikategorikan sebagai guru yang memiliki pekerjaan profesional, karena guru yang profesional, mereka harus memiliki berbagai keterampilan, kemampuan khusus, mencintai pekerjaannya, menjaga kode etik guru dan lain sebagainya. Selain memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mendalam, menjadi seorang guru tidak cukup memiliki keahlian saja, akan tetapi guru juga harus mengenali setiap skill (keterampilan) yang dimiliki oleh siswa. guru Agama memegang peranan yang dominan dan penting atas ketercapaian pembelajaran agama itu sendiri.Khususnya dalam bidang studi Al-Quran Hadist. Sebagai implementasi dari kecerdasan guru Agama secara umum dapat dinyatakan bahwa guru Agama (PAI) menguasai secara detail, mendalam dan luas tentang materi-materi agama yang diajarkan kepada anak didik.Ia memahami betul secara menyeluruh bagian-bagian materi yang diajarkan kepada anak. Jadi secara teoritis, guru Agama (PAI) menguasai konsep-konsep dari materi-materi pembelajaran agama Islam itu sendiri.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad bin Salim Baduwailan, Cara Mudah & Cepat Hafal Al-Qur’an, Solo: Kiswah, 2014.

Ali Mudlofir, Pendidik Profesional, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Bobby Herwibowo, Teknik Quantum Rasulullah, Fun dan Cepat Menghafal Al-Qur’an, Bandung: Noura Books, 2014.

Depdiknas, Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad Ke 21 (SPGTK-21), Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: 2002.

E. Mulayasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Goh Chok Tong. 2001. Shaping Lives, Molding Nation. PM’s Keynote Address. Speech By Prime Minister Goh Chok Tong at The Teachers’ Day Rally, at The Singapore Expo on Friday, 31 August 2001 at 7.30PM.

Istarani, 10 Kompetensi Wajib Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Medan: Larispa, 2015.

Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: GaungPerdana Press, 2011.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Muhibutthabary, dkk, Modul Materi Diklat Peningkatan Kaulitas Guru (PKG) Pendidikan Agama Islam, Banda Aceh: LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Rniry, 2011.

Mulyasa, Menjadi Guru PAI Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan), Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhammad Dyafi’I Antonio (Nio Gwan Chung), Muhammad Saw. The Super Leader Super Manager, Jakarta: Qithi Press, 2008.

Nurlela Isnawati, Guru Positif-Motivatif, Jogjakarta: Laksana, 2010.

Syaikh Muhammad Said Mursi, Seni Mendidik Anak, Jakarta: Pustaka Al-Kaustar, 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.