UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING MATERI SEL DI KELAS XI MIA.2 SMA NEGERI 1 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Yunidar Yunidar

Sari


 

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing pada materi persamaan suku banyak di SMA Negeri 1 Meureubo pada kelas XI MIA.2 yang berjumlah 32. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sel Dari hasil pengamatan dan penilaian hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif Snowball Throwing, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu Pra siklus, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 43,75% (14 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 56,25% (18 siswa), sedangkan pada akhir siklus I, sebanyak 78,12% (25 siswa) dan sebanyak 21,87% (7 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar dan pada akhir siklus II, sebanyak 96,87% (31 siswa) dan sebanyak 3,12% (1 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing di SMA Negeri 1  Meureubo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA.2 pada materi Sel

 

 

Kata Kunci:      Kooperatif, Snowball Throwing, hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfianti, M. 2007. Metode-Metode Dalam Pembelajaran Matematika, (Online) (http://jawapos.co.id., diakses 18 April 2008).

Arikunto. S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Jailani. 2003. Jurnal Jaringan Penelitian Pendidikan Dan kebudayaan Volum VII, Jakarta. Depdiknas.

Johar, R., Nurfadhilah, dan L. Hanum. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh : FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kiranawati. 2007. Model-model pembelajaran, (Online), (http://Learning with me. Spot.com., diakses 18 April 2008).

Lie, A. 2003. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Lewin, K. 1990. Action Research and Minority Problems. Victoria: Deakin University

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natboho. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperative Tipe Snowball Throwing, (Online), (http://duniaguru.com., diakses 3 Mei 2010).

Nur, M. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivis dan pembelajaran dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwiyadi. 2007. Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, (Online), Jilid 2, No.2, (http//:jurnaljpi.com., diakses 25 April 2010)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.