UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA-2 MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI 4 WIRA BANGSA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Adyani Maulinda

Sari


Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD Pada Materi Virus Di SMAN 4 Wira Bangsa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA-2 pada materi virus di SMAN 4 Wira Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA-2 SMAN 4 Wira Bangsa yang berjumlah  21 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Sebelum dilaksakanan perbaikan pembelajaran diketahui bahwa hasil belajar biologi siswa masih rendah dengan ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 22,58% dan nilai rata-rata 58,71. Hasil penelitian setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 64,52% dengan nilai rata-rata 72,10. Pada siklus II diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 93,55% dengan nilai rata-rata 81,29. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA-2 SMAN 4 Wira Bangsa.

Kata kunci: Materi Virus, Biologi, cooperative


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, S dan Ahmadi, I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurraahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Evektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur. 2000. Pembelajaran Koopertif. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnama, Edy S. 2009. Optimalisasi Prestasi Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Media CD Interaktif (Multimedia) SMP Negeri 1 Sruweng Kabupaten Kebumen. Vol. 2 No.1 Jakarta.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Bandung: JICA FPMIPA UPI.

Solihatin, E dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.